Kampanye Lingkungan

Coral Day 2019: Suara Pulau Ajak Masyarakat Peduli Kehidupan Alam Untuk Anak dan Cucu

Yayasan Suara Pulau melakukan kegiatan Coral Day 2019 di Pulau Bangka, ada tarian Katrili, makan bersama, dan pengikatan janur di artificial reef.

Tribun Manado/Paschalis Serty
Coral Day 2019 di Pulau Bangka 

Coral Day 2019 merupakan salah satu kegiatan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga alam sekitar yang diadakan setiap tahun oleh Yayasan Suara Pulau dan dan Mimpi Indah Resort di Pulau Bangka.

Memasuki tahun keenam, Suara Pulau mengingatkan masyarakat untuk peduli akan kehidupan terumbu karang.

Menurut Ulva, pendiri Yayasan Suara Pulau, setiap tahun mereka mengangkat tema yang berbeda-beda, seperti kampanye penyelamatan penyu di tahun 2018.

"Tahun depan harapannya ke hiu," ujarnya, Sabtu (2/11/2019).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Suara Pulau membatasi peserta dari luar pulau yang ingin terlibat dalam kegiatan ini.

"Kami keterbatasan dana jadi tidak bisa seperti tahun-tahun sebelumnya, yang penting kegiatan ini harus terus terlaksana," katanya.

Tahun lalu, Suara Pulau bisa menghadirkan 500 orang pengunjung dan mendatangkan rekan-rekan mereka dari 4 pulau.

TribunTravel dan peserta Coral Day yang datang dari luar Pulau Bangka berkumpul di Pantai Surabaya, Likupang Minahasa Utara pukul 07.00 Wita.

Sekira 30 orang peserta berangkat pukul 08.00 Wita dengan menggunakan kapal kayu yang sudah disiapkan oleh panitia, dan tiba di Pulau Bangka pukul 09.00 Wita.

Sepanjang perjalanan beragam pemandangan laut dan pulau-pulau kecil yang indah menjadi santapan mata yang menyegarkan di pagi hari yang cerah.

Pulau Bangka
Coral Day 2019 di Pulau Bangka

Setibanya di Pulau Bangka, masyarakat tampak sudah hadir di lokasi Coral Day.

Ada beberapa anak yang memakai pakaian adat Indonesia, kebaya, ada juga yang memakai seragam pramuka, serta gaun.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Kaka Slank sebagai Duta Suara Pulau turut hadir dalam kegiatan ini.

Beragam pertunjukan ditampilkan dalam kegiatan Coral Day seperti, tarian dan nyanyian, serta panggung boneka dari adik-adik Kampung Lihunu.

Ada juga permainan musik dari teman-teman Suara Pulau dan Mimpi Indah Resort, dan tidak ketinggalan penampilan dari Kaka Slank.

Kaka Slank di Coral Day 2019
Coral Day 2019 di Pulau Bangka

Adik-adik Kampung Lihunu juga menunjukkan kepandaian mereka dalam berbahasa Inggris, hasil bimbingan dari salah seorang relawan asal Jerman, Miriam.

Beberapa bait syair berbahasa Inggris dilantunkan secara bergantian dengan diselipkan lagu yang juga menggunakan Bahasa Inggris hasil ciptaan mereka sendiri.

Menurut Ulva, Coral Day merupakan momentum yang sangat baik untuk mereka menunjukkan bakat dari hasil kegiatan yang selama ini dilakukan bersama Suara Pulau.

"Kebetulan kami punya kegiatan belajar bersama, ini harinya anak-anak untuk mengekspresikan diri," ucapnya.

Selain itu, ada juga salah satu tarian khas di Pulau Bangka, Tari Katrili.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved