Info Wisata

NTB Siapkan Konsep Wisata Medis, Berobat Sambil Berwisata

Pemerintah NTB tawarkan konsep wisata baru, wisata medis. Pasien bisa menikmati pelayanan medis yang ada sambil menikmati objek wisata sekitar.

Instagram @kita_pandu
Pesona NTB 

Pemerintah Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menawarkan konsep wisata baru, yaitu wisata medis.

Kepala Dinas Kesehatan NTB, Dokter Nurhandini Eka Dewi menyebutkan, konsep wisata medis adalah bagaimana menawarkan pelayanan medis yang aman dan nyaman sambil menikmati keindahan alam di NTB.

“Jadi, wisata medis itu orang datang ke sini sebagai pasien tetapi dia juga bisa memanfaatkan wisata di sekitarnya,” kata Dewi.

Ada pun tawaran pelayanan medis yang menjadi unggulan wisata medis adalah pelayanan radioterapi, salah satu cara pengobatan untuk penderita kanker.

“Kita jadikan unggulan karena pelayanannya di Indonesia masih terbatas,” kata Dewi.

Disebutkannya, layanan medis yang menyediakan pelayanan radioterapi di Indonesia hanya sekitar 10 rumah sakit, dan salah satunya ada di NTB.

Pulau Jawa sendiri masih minim pelayanan, sehingga diharapkan NTB bisa menjadi alternatif bagi pasien agar tidak menunggu lama.

“Radioterapi ini terbatas, karena antreannya panjang. Jadi orang punya pilihan lain, yaitu pelayanan radioterapi di NTB dengan antrean yang lebi pendek,” ujar Dewi.

Selain itu, pelayanan lainnya juga disiapkan untuk menunjang 'medical tourism', seperti pelayanan pengobatan penyakit jantung.

Nurhandini berharap, wisata medis ini ikut membantu meningkatkan kunjungan wisatawan di NTB.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved