Info Sulut

Pameran Bambu Akan Digelar di Museum Manado, Tampilkan Beragam Karya Bambu

Dinas Kebudayaan Provinsi Sulut akan gelar Pameran Bambu di area parkir Dinas Kebudayaan, Kompleks Museum Manado pada tanggal 13-19 November 2019.

TRIBUN MANADO/ARTHUR ROMPIS
Pameran Bambu Akan Digelar di Museum Manado, Tampilkan Beragam Karya Bambu 

TRIBUNTRAVELMANADO.COM - Dinas Kebudayaan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan menggelar Pameran Bambu di area parkir Kantor Dinas Kebudayaan Sulut, Kompleks Museum Manado pada tanggal 13-19 November 2019.

Pameran yang mengusung tema 'Jejak Bambu dari Masa ke Masa' ini akan menampilkan berbagai hasil karya yang terbuat dari bambu atau bulu.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Sulut, Fery Jones Sangian SSos MAP, beragam koleksi yang tersimpan di Museum juga akan ikut dipamerkan dalam acara tersebut.

“Pameran ini sekaligus untuk memperkenalkan ke publik tentang keunikan dan nilai seni dari berbagai jenis bambu yang dimiliki daerah ini,” ungkapnya.

Sangian menambahkan kalau pameran tersebut akan diikuti peserta dari seluruh kabupaten kota di Sulut serta para pengrajin bambu.

Ia memprediksi akan ada 10 ton bambu yang digunakan dalam pameran tersebut.

“Selain pameran, ada juga beragam tari-tarian daerah dan musik bambu," tambah Sangian.

Dalam pameran tersebut juga akan ada beragam permainan dari bambu yang dilombakan seperti engrang, dodorobe atau sosoke (mainan tembak-tambakan dari bambu), lomba meriam bambu atau sperak, dll.

Selain itu, akan ada pohon natal tertinggi di Sulut yang terbuat dari bulu.

Di satu sisi, mereka berharap kegiatan ini bisa mendekatkan Museum Manado ke masyarakat sekaligus mengingatkan pentingnya bambu dalam kehidupan.

“Apalagi bambu tercatat dalam tinta emas perjuangan bangsa Indonesia, karena pada masa penjajahan bambu digunakan sebagai senjata,” tukas Sangian.

Pameran tersebut nantinya akan dibuka oleh Gubernur Olly Dondokambey dan pihak pemerintah pusat telah memberikan dukungan penuh melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019.

Sedangkan dalam rangkaian pameran selama enam hari itu, para pengunjung akan diberi edukasi mengenai teknik atau cara-cara pembuatan kerajinan dari bambu.

Sumber: Tribun Manado

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved