Gunung Karangetang Sulut

Gunung Karangetang Keluarkan Guguran Lava, Status Level III, Pendaki Diminta Menjauh

Gunung Karangetang di Sulawesi Utara keluarkan guguran lava hingga radius 1.500 meter, Minggu (15/12/2019). Saat ini status level III (Siaga).

Editor: Paschalis Serty Canny Widarsi
Dok. PVMBG
Guguran Larva Gunung Karangetang di Siau, Sulawesi Utara 

TRIBUNMANADOTRAVEL.COM - Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, mengeluarkan guguran lava, Minggu (15/12/2019).

Warga, pengunjung, serta wisatawan diimbau untuk tidak mendekati Gunung Karangetang.

Mereka juga diminta tidak melakukan pendakian dan beraktivitas di zona perkiraan bahaya, yaitu radius 2,5 kilometer dari kawah utama.

Imbauan tersebut disampaikan menindaklanjuti peningkatan aktivitas Gunung Karangetang yang terus mengeluarkan guguran lava.

"Tingkat aktivitas Gunung Karangetang level III (siaga)," ujar Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang, Fredianto Anthon Richard Korompis dalam keterangan tertulisnya, Minggu (15/12/2019).

Selain itu, warga diminta menjauhi area perluasan sektoral dari dua kawah ke arah barat laut utara sejauh 4 kilometer, dan dari kawah utama sejauh 3 kilometer ke barat.

Warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai-sungai berhulu dari Puncak Gunung Karangetang diharapkan meningkatkan kesiapsiagaan.

Sebab lahar hujan dan banjir bandang yang mengalir hingga ke pantai berpotensi menjadi ancaman.

Berdasarkan pantauan dari Pos Pengamatan Gunung api Karangetang, sinar api tampak di atas puncak kawah setinggi 25 meter.

Guguran lava dari puncak kawah utama mengarah ke Sungai Nanitu, Sense, dan Pangi.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved