Info

5 Penemuan Brilian yang Mengubah Pariwisata Dunia, Mulai Dari GPS Hingga Kartu Kunci Hotel

Beragam inovasi di dunia pariwisata mempermudah para traveler dalam melakukan perjalanan, seperti penemuan ransel, kunci kartu hotel, GPS, ATM, koper.

Oleksandr Pidvalnyi
Ilustrasi 

TRIBUNMANADOTRAVEL.COM - Melakukan traveling tentu sangat menyenangkan terlebih saat kita sudah merasa bosan dengan rutinitas yang ada.

Seiring dengan meningkatnya jumlah traveler, inovasi untuk mempermudah perjalanan juga kian berkembang.

Setidaknya ada 5 penemuan brilian yang mengubah pariwisata dunia:

1. Ransel

Ilustrasi
Ilustrasi (Pinterest)

Meskipun sejak berabad-abad lalu, manusia sudah menggunakan tas militer, tetapi ransel modern belum muncul hingga 1938.

Gerry Cunningham, pemanjat tebing di Boulder, Colorado, awalnya memperkenalkan model yang mengganti bahan tas kanvas dengan nilon yang disertai ritsleting.

“Ransel ini memungkinkan tangan penggunanya berjalan bebas tanpa menenteng apa pun lagi. Itu juga nyaman dan mampu memuat banyak barang–cara terbaik untuk bepergian,” kata Jamie Cormack, pendiri Herschel Supply Company.

“Di tahun 60 dan 70-an, kegiatan memanjat tebing semakin populer. Cara mereka mendaki, serta memanfaatkan alat bantuan dan keselamatan, akan semakin mudah dengan tas yang lebih efisien,” imbuhnya.

2. Kartu kunci hotel

Ilustrasi
Ilustrasi (imacorp)

Sejarah penemuan kartu kunci hotel elektronik ini mungkin bukti bahwa sesuatu yang baik bisa muncul dari kejadian buruk.

Pada 1974, Tor Sørnes, warga Norwegia yang bekerja di pabrik kunci dan alat seluncur es bernama Ving, mendengar laporan tentang seorang wanita yang diserang di kamar hotelnya oleh seorang penyusup.

Saat itu, kunci hotel tradisional memang terbuat dari logam, dan sering mengandung nama, alamat, dan nomor kamar hotel.

Berjuang menciptakan sistem yang lebih aman, Sørnes kemudian membuat kartu kunci pertama yang dapat diprogram bernama VingCard.

Meskipun variasi lain dari kartu kunci hotel muncul setelahnya, tapi VingCard dengan teknologi magnetisasinya, tetap menjadi standar industri keycard.

Kartu ini pertama kali digunakan di luar Norwegia pada 1978 di Peachtree Plaza Hotel, di Atlanta, Georgia – hotel tertinggi di dunia pada masa itu.

3. GPS

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

Sebelum munculnya GPS (The Global Positioning System), berbagai cabang militer AS bergantung pada cara mereka sendiri untuk melakukan navigasi di udara, air, dan daratan.

Sementara warga sipil mengandalkan peta dan kompas untuk berjalan kaki, menyetir, dan mendaki gunung.

Kemudian, pada Hari Buruh 1973, militer AS mengubah pergerakan di seluruh planet Bumi.

Para pejabat dari Angkatan Udara, Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Departemen Perhubungan, berkumpul bersama di sebuah ruangan di Pentagon.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved