Ini Fakta Unik Plitvice Lakes National Park, Situs Warisan Dunia dengan Pemandangan yang Memesona

Plitvice Lakes National Park adalah satu Situs Warisan Dunia yang ditetapkan oleh UNESCO yang merupakan taman nasional tertua di Eropa.

Ini Fakta Unik Plitvice Lakes National Park, Situs Warisan Dunia dengan Pemandangan yang Memesona
Instagram/@uniladadventure
Plitvice Lakes National Park, Kroasia. 

TRIBUNMANADOTRAVEL.COM - Plivice Lakes adalah sebuah taman nasional yang ada di Kroasia dengan keindahan danau yang memesona.

Plitvice Lakes National Park merupakan satu Situs Warisan Dunia yang ditetapkan oleh UNESCO yang merupakan taman nasional tertua di Eropa.

Dengan luas wilayah hampir 297 kilometer persegi, Plitvice Lakes National Park juga disebut taman nasional terbesar di Kroasia.

Lihat Juga:

Air terjun yang terkenal adalah Veliki Slap, menjadi air terjun tertinggi di Kroasia dengan tinggi mencapai 78 meter dengan lanskap pemandangan yang cantik.

Tidak hanya memiliki anak sungai yang banyak, di taman ini juga terdapat 12 danau dengan warna yang berbeda tiap-tiap danaunya.

Perbedaan warna danaunya disebabkan oleh jenis bebatuan yang terkikis melalui erosi selama ratusan tahun dipadukan dengan ganggang yang tumbuh sehingga memedarkan warna biru dan hijau pada danau.

Satu danau yang terkenal adalah Danau Plitvice dengan pemandangan danau cantik dipadukan air yang jernih dan indah bahkan sewarna dengan batu turqoise (pirus)yang menjadi aliran sungainya.

Plitvice Lakes National Park ini didirikan pada 1949 terletak di pegunungan kars diantara tiga negara yakni Kroasia dan Bosnia-Herzegovina.

Taman Nasional yang difungsikan sebagai kawasan hutan lindung ini menjadi rumah bagi berbagai binatang liar seperti beruang, serigala, rusa, babi hutan, kecini dan rubah.

Selain itu ada lebih 120 spesies burung juga berada di Taman nasional ini.

Oleh karena itu, Pemerintah Kroasia memberlakukan peraturan ketat bagi para pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan, lalu mengambil dan merusak situs taman nasional ini.

Kalau kamu ingin mengunjungi Plitvice Lakes National Park, persiapkan kondisi fisik dan stamina dengan baik, pasalnya dibutuhkan tenaga yang cukup banyak untuk menjangkai taman nasional ini.

Kawasan taman yang luas ditambah dengan trek dan akses masuk ke dalam taman yang tidak begitu baik akan menguras tenagamu pada saat perjalanan.

Namun rasa lelahmu menuju taman ini akan terbayar tuntas dengan keindahan dari pesona taman ini.

 

(TribunTravel.com/GigihPrayitno)

https://travel.tribunnews.com/2020/05/06/fakta-unik-plitvice-lakes-national-park-taman-nasional-tertua-di-eropa

Ikuti kami di
Editor: Ventrico Nonutu
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved