Fakta Unik

Diyakini Bisa Menyembuhkan Penyakit Asma, Ini Fakta Unik Gua Damlatas di Turki

Meski belum bisa dibuktikan secara ilmiah, banyak orang yang percaya bahwa ada beberapa tempat di dunia yang bisa menyembuhkan penyakit.

Editor: Ventrico Nonutu
Instagram/@ms.hong.urg
Gua Damlatas, Turki 

TRIBUNMANADOTRAVEL.COM - Meski belum bisa dibuktikan secara ilmiah, banyak orang yang percaya bahwa ada beberapa tempat di dunia yang bisa menyembuhkan penyakit.

Salah satu tempat yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit adalah Damlataş Cave atau Gua Damlataş di Alanya, Turki.

Mengutip laman The Culture Trip, Gua Damlataş terletak di sebelah barat Alanya Castle yang dibangun pada abad ke-13 di bawah masa Kesultanan Seljuq.

TONTON JUGA

Damlataş Cave atau Gua Damlataş ditemukan secara tidak sengaja saat pembangunan Pelabuhan Alanya pada 1948, gua ini pertama kali diperiksa oleh ahli geologi sebelum dibuka untuk umum sebagai objek wisata

Secara harfiah, nama Damlataş berarti batu yang menetes.

Gua ini memiliki dua tingkat dengan rongga silinder yang mengarah ke bawah dan dipenuhi stalaktit, formasi berbentuk untaian tetesan air yang membeku dan menggantung dari dinding gua.

Formasi ini terbentuk melalui presipitasi mineral ketika air menetes dari langit-langit gua.

Formasi lain di dalam Gua Damlataş adalah stalagmit, yang berupa gundukan bulat atau pipih yang tumbuh ke atas karena endapan mineral dari air yang menetes ke lantai gua.

Formasi di dalam gua diyakini telah berumur ribuan tahun.

Adapun udara di dalam Gua Damlataş memiliki persentase tinggi karbon dioksida (sekira 10 hingga 15 kali lebih besar daripada udara di luar) dengan kelembaban 95% dan suhu konstan sekira 22 hingga 23 derajat Celsius di musim apapun.

Sejak penemuannya, Gua Damlataş dikenal sebagai penyembuh penyakit asma dan penyakit pernafasan lainnya berkat kondisi udara di dalam gua.

Pada 2014, otoritas Kota Alanya menghitung, dalam tujuh bulan, ada lebih dari 4.000 orang yang menderita masalah pernapasan mengunjungi gua ini karena percaya akan kemampuan penyembuhannya.

Dengan demikian, mereka membuat program khusus untuk pasien asma, mencakup masa tinggal 21 hari dengan empat jam di Gua Damlataş setiap hari.

Setiap hari antara pukul 10.00 dan 14.00, gua ini terbuka untuk pengunjung dengan penyakit pernapasan saja.

Ada sekira 3.000 gua yang ditemukan di seluruh Turki.

Kota Alanya sendiri juga memiliki daya tarik lain, yakni Dim Cave atau Gua Dim.

Gua yang terbentuk melalui erosi lanskap yang ditopang oleh batu kapu ini memiliki panjang sekira 360 meter dengan formasi stalaktit serta danau cantik yang berjarak sekira 17 meter dari pintu masuknya.

Sebelum dijadikan objek wisata, beberapa bagian Gua Dim digunakan sebagai tempat berlindung bagi para pemburu dan gembala setempat.

Baru pada 1986, Gua Dim ditemukan dan dipelajari oleh para speleologis (ilmuwan gua dan karst) dan pada 1996 Gua Dim dibuka untuk pengunjung sebagai gua pertama sebagai obyek wisata.

(TribunTravel.com/Rizki A. Tiara)

https://travel.tribunnews.com/2020/05/18/fakta-unik-damlata-gua-di-turki-yang-diyakini-dapat-sembuhkan-penyakit-asma

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved