Sempat Berhenti Beroperasi, Citilink Indonesia Kini Siap Terapkan Prosedur New Normal

Maskapai penerbangan Citilink Indonesia mulai mengimplementasikan kenormalan baru atau new normal dalam proses penerbangan penumpang.

Sempat Berhenti Beroperasi, Citilink Indonesia Kini Siap Terapkan Prosedur New Normal
tribunnews.com
Citilink Indonesia 

TRIBUNMANADOTRAVEL.COM - Dunia penerbangan mulai bersiap untuk menghadapi kenormalan baru atau new normal.

Salah satu maskapai di Indonesia yang mulai mengimplementasikan kenormalan baru yaitu Citilink Indonesia.

Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra mengatakan, prosedur new normal tersebut sudah diterapkan mulai Senin (1/6/2020), dengan 104 penerbangan dari 21 kota di Indonesia.

"Penerbangan reguler penumpang sebanyak 104 penerbangan ke 21 kota dengan menerapkan prosedur New Normal," kata dia dalam keterangan tertulis diterima Kompas.com, Rabu (3/6/2020).

Sebelum penerbangan atau pre-flight, Citilink melakukan kerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bandara setempat untuk memeriksa kelengkapan dokumen penumpang.

Pesawat Airbus milik Citilink mendarat di Banyuwangi
Pesawat Airbus milik Citilink mendarat di Banyuwangi (Kompas.com)

"Citilink memastikan penumpang yang terbang sedang berada dalam kondisi sehat dengan mewajibkan penumpang untuk menunjukan surat keterangan bebas Covid-19," tutur Juliandra.

Dia menambahkan, suasana kenormalan baru juga ada di bagian New Boarding Management, atau proses boarding yang baru untuk mengatur jarak aman selama proses boarding.

"Untuk menghindari penumpukan penumpang," tutur dia.

Kenormalan baru dalam penerbangan atau in-flight, kata Juliandra, juga diperhatikan oleh Citilink dalam bentuk kewajiban menggunakan masker untuk seluruh penumpang dan kru yang bertugas.

Begitu juga sarana hiburan seperti majalah elektronik yang bisa diunduh di masing-masing ponsel atau gawai penumpang.

"Sedangkan pada fase post-flight, Citilink melakukan pengaturan jarak saat pengambilan bagasi di area kedatangan," kata Juliandra.

Setelah penerbangan, pihak Citilink akan menyemprotkan disinfektan ke seluruh pesawat sesuai dengan prosedur kesehatan baru.

Adapun prosedur new normal tersebut dipersiapkan sejak 22-31 Mei lalu yang menyebabkan maskapai tersebut untuk sementara berhenti beroperasi.

"Proses ini merupakan bagian dari kepedulian Citlink untuk kesehatan dan keselamatan penumpang serta bagian dari dukungan Citilink bagi kebijakan pemerintah," kata Juliandra.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Citilink Mulai Terapkan Prosedur New Normal dalam Proses Penerbangan.

https://travel.tribunnews.com/2020/06/04/citilink-terapkan-prosedur-new-normal-dalam-104-penerbangan-dari-21-kota-di-indonesia

Ikuti kami di
Editor: Ventrico Nonutu
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved