Begini Panduan Bagi Anda yang Baru Pertama Kali Bepergian dengan Peswat

Selain waktu perjalanan yang singkat, harga tiket juga sudah bisa dijangkau oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Editor: muhammad irham
internet
Suasana di dalam bandara 

TRIBUN MANADO.CO.ID - Tak bisa dipungkiri bahwa transportasi udara saat ini menjadi pilihan utama untuk bepergian ke luar daerah yang jauh atau untuk liburan di kota lain.

Selain waktu perjalanan yang singkat, harga tiket juga sudah bisa dijangkau oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Nah, bagi Anda yang ingin bepergian dengan menggunakan moda transportasi pesawat udara untuk pertama kalinya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum terbang.

Pengalaman pertama ini akan membuatmu memikirkan banyak hal, mulai dari cara memesan tiket pesawat, apa saja yang dibutuhkan saat check-in di bandara, bagaimana cara menitipkan bagasi, dan lain sebagainya.

Karena ini pengalaman pertama, Anda pasti butuh panduan praktis dan lengkap tata cara pertama kali naik pesawat.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum keberangkatan?

Persiapan yang kamu lakukan sangat menentukan kelancaran perjalananmu nantinya.
Persiapan ini termasuk membaca panduan bagaimana cara naik pesawat pertama kali. Dengan begitu, Anda tak perlu bingung mencari terminal keberangkatan mana yang harus dituju, menebak-nebak berapa batas bagasi gratis yang diperbolehkan oleh maskapai, dan lain-lain.

Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum keberangkatan:

a. Pesan tiket di situs pemesanan tiket secara online

Tiket pesawat berbentuk kertas rentan hilang atau terselip, dan jika itu terjadi, Anda akan mengalami kesulitan menjelang keberangkatan.

Dengan memsan tiket secara online, tiketmu tak perlu dicetak karena sudah berupa e-tiket yang tersimpan di aplikasimu dan tinggal ditunjukkan saatcheck-in.

Selain itu, terdapat banyak promo menarik yang tersedia jika menggunakan aplikasi.

b. Perhatikan peraturan bagasi maskapai

Setiap maskapai memiliki kebijakan masing-masing mengenai batas bagasi gratis. Hal ini penting Anda tahu agar menghindarkan Anda dari kewajiban membayar ekstra akibat bagasi berlebih.

c. Pastikan Anda mengetahui dan mengingat terminal keberangkatan

Informasi mengenai terminal keberangkatan bisa dilihat di e-tiket yang telah terbit. Untuk bandara kecil yang hanya memiliki satu terminal keberangkatan dan kedatangan, Anda memang tak perlu khawatir. Hal ini berbeda jika harus berangkat dari bandara yang memiliki banyak terminal.

Contohnya Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang memiliki tiga terminal.

Meski demikian, tiap terminal di sini dipecah lagi menjadi beberapa subbagian menurut jenis penerbangan dan maskapai, yaitu Terminal 1A, 1B, 1C (penerbangan domestik), 2D, 2E (penerbangan internasional), 2F (penerbangan domestik Garuda Indonesia), dan 3G (penerbangan domestik dan internasional AirAsia, serta beberapa rute penerbangan milik Lion Air).

Hari keberangkatan yang dinanti telah tiba. Harus bagaimana?

Setelah semua persiapan dilakukan dengan baik, hari keberangkatan pun tiba! Deg-degan? Pastinya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved