Ikuti Panduan Ini Jika Ingin ke Kota Bunga Tomohon

Sebelum masa Pandemi terjadi, kota ini begitu ramai, khususnya antara bulan Juni hingga Juli

Editor: muhammad irham
Instagram/
Air Terjun Tekaan Telu, Tomohon, Sulawesi Utara. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tak bisa dipungkiri bahwa Tomohon adalah salah satu destinasi favorit di Sulawesi Utara. Daerah ini menyimpan banyak objek wisata yang terkenal hingga ke mancanegara.

Sebelum masa Pandemi terjadi, kota ini begitu ramai, khususnya antara bulan Juni hingga Juli. Di bulan ini, berlangsung event Parade Bunga seperti yang sering digelar di Pasadena, Amerika Serikat.

Pemerintah Kota Tomohon kemudian menjadikan event ini sebagia event tahunan yang dinamai Tomohon Flower Festival (TFF). Anda dapat melihat parade bunga di jalanan kota dan perlombaan bunga hias yang diikuti oleh peserta dari 94 kota.

Awalnya, Tomohon dikenal sebagai produsen sayur-sayuran, lalu berkembang menjadi produsen bunga di Sulawesi Utara.

Letaknya yang diapit oleh tiga gunung aktif, yaitu Lokon, Mahawu dan Masarang menjadikan wilayah ini sebagai daerah yang subur dan sebagai daerah wisata karena hawanya yang sejuk.

Oleh karena itu, Tomohon dijuluki sebagai Kota Bunga dengan keragaman bunga yang dapat dinikmati di rumah penduduk lokal.

Lalu bagaimana cara agar bisa ke Tomohon?

Ada banyak cara untuk pergi liburan ke Tomohon, namun cara yang paling umum digunakan adalah dengan terbang ke Manado lalu dilanjutkan dengan Bus lewat jalur darat.

Pesawat

Kota Tomohon tidak memiliki bandara tetapi Anda dapat menggunakan jalur udara dengan penerbangan ke Bandara Sam Ratulangi di Manado. Kemudian, melanjutkan perjalanan ke Tomohon dengan berbagai cara.

Damri
Anda tidak akan kesulitan mencapai Tomohon sebab tersedia bus pemandu moda rute Bandara Sam Ratulangi di Manado ke Tomohon dengan biaya sebesar Rp30.000. Lama perjalanan Manado-Tomohon sekitar satu jam.

Transportasi umum di Tomohon
Untuk berkeliling Tomohon, ada beberapa moda transportasi yang bisa anda gunakan. Mulai dari mikrolet, ojek, taksi hingga jasa sewa mobil pribadi ada. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda

Mikrolet

Angkutan umum di Tomohon disebut juga mikrolet yang melayani penumpang ke berbagai penjuru kota. Mikrolet beroperasi sejak pagi hingga pukul 22.00 dari terminal atu ke terminal lainnya yang melewati beberapa rute.

Ojek

Untuk menemukan ojek ini tidaklah sulit, selain di pangkalan ojek, Anda dapat menemukannya berjalan pelan ketika mencari penumpang. Biasanya ojek tersebut membawa helm cadangan bagi penumpang dan tarif dapat dinegosiasikan sesuai jarak.

Taksi

Seperti kota-kota lain, Tomohon juga memiliki transportasi taksi dengan argo meter dan non argo meter. Namun umumnya, taksi berargo meter lebih diminati masyarakat dibandingkan taksi non argo meter yang tarifnya disesuaikan dengan kesepakatan sopir dan penumpang.

Rental Mobil
Untuk kenyamanan perjalanan wisata Anda, rental atau menyewa mobil adalah solusinya. Biaya sewa bervariasi mulai dari Rp300.000 hingga Rp1000.000 per hari, di mana hitungan “sewa satu hari” tiap perusahaan berbeda, ada yang 24 jam, ada pula yang hanya 12 jam. Jadi, tanyakan sebelum Anda menyewa mobil.(*/tribunmanado.co.id)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved