Jalan-jalan ke Manado, Jangan Lupa Santap Nasi Jaha

Nasi Jaha merupakan kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan ketika singgah ke Sulawesi Utara

Editor: muhammad irham
internet
Nasi Jaha 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Nasi jaha atau nasi jahe adalah sebuah hidangan berbahan dasar nasi yang merupakan bagian dari masakan Manado, Sulawesi Utara.

Nasi Jaha merupakan kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan ketika singgah ke Sulawesi Utara.

Nasi Jaha berbahan beras ketan yang dicampurkan dengan santan. Setelah itu dimasukkan ke dalam sebilah bambu yang sebelumnya telah dilapisi dengan daun pisang.

Setelah itu dibakar hingga matang sempurna. Nasi Jaha kaya akan rempah sehingga membuatnya semakin nikmat dan harus dicoba.

Meskipun makanan ini termasuk makanan tradisional namun hingga kini masih sering dijumpai.

Di upacara tradisional hingga perayaan hari besar makanan satu ini selalu hadir. Nasi Jaha juga memiliki cara pembuatan yang cukup rumit karena membutuhkan takaran yang pas agar rasanya nikmat.

Jika terlalu banyak rempah akan menjadi pait dan akan tawar karena kekurangan rempah. Cara memasaknya juga rumit agar bisa menemukan matang yang pas.

Dalam menghidangkan, nasi jaha dipotong dengan ukuran 8 sampai 10 centimeter, karena ukurannya yang praktis, nasi jaha bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional khususnya penjual-penjual kue yang menyertakan nasi jaha sebagai salah satu item jualan, terutama pada pagi hari.

Saat ini Nasi Jaha dapat dibeli di pasar-pasar tradisional, supermarket, swalayan, dan restoran serta rumah makan atau cafe di Kota Manado sebagai oleh-oleh untuk keluarga yang berkunjung ke Kota Manado.

Bahan dan Cara Membuat Nasi Jaha

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved