Seperti Inilah Suasana di Pasar Esktrim Tomohon

Anda jangan membayangkan daging sapi, ayam atau kambing yang sudah sangat umum di pasaran.

Editor: muhammad irham
zoom-inlihat foto Seperti Inilah Suasana di Pasar Esktrim Tomohon
internet
Suasana di Pasar Esktrim Tomohon

TRIBUNMANADO.CO.ID - Provinsi Sulawesi Utara dikenal dengan aneka kuliner ekstrimnya seperti daging anjing, kelelawar, tikus hutan, hingga daging babi. Bahan kuliner ini biasanya didapatkan di pasar tradisional. Namun pasar yang paling terkenal dengan jualan daging hewan ekstrimnya adalah, Pasar Ekstrim Tomohon.

Pasar ini memang sajak dahuli menjual aneka daging enggak biasa. Anda jangan membayangkan daging sapi, ayam atau kambing yang sudah sangat umum di pasaran.

Daging yang dijual di tempat ini adalah daging dari hewan liar seperti kelelawar yang kerap disebut dengan paniki, lalu ada tikus sawah ekor putih, hingga daging ular yang sudah dibakar dan siap dicincang sesuai dengan permintaan pembeli.

Bagi Anda yang tidak tega melihat hewan yang dijagal di tempat, akan lebih baik berpikir dua kali sebelum masuk ke pasar.

Daging Kucing
Daging Kucing (internet)

Pasalnya, penjagalan banyak dilakukan di tempat dengan metode yang agak ngeri. Biasanya hewan seperti anjing akan digorok lalu segera dibakar untuk menghilangkan rambut-rambut yang ada di tubuhnya.

Barangkali Anda pernah mendengar festival anjing Yulin di Tiongkok karena dianggap tidak beradab karena membantai banyak anjing.

Di pasar Tomohon Anda akan mendapatkan versi mini yang cukup membuat begidik. Beberapa wisatawan yang datang ke tempat ini sering menangis melihat penjagalan hewan-hewan yang tak harusnya dikonsumsi.

Selain menjual daging tak biasa yang berasal dari hewan mengerikan. Pasar Tomohon juga menjual kuliner yang cukup ekstrem dari olahan daging tak biasa tersebut.

Jika Anda ingin makan daging tikus ekor putih yang konon sangat nikmat melebihi daging ayam, cobalah menyantapnya di sini.

Persiapkan nyali Anda besar-besar sebelum merasakan sensasinya.

Oh ya, kuliner ekstremnya tak hanya daging tikus ekor putih saja. Coba rasakan nikmatnya daging paniki yang telah dibakar lalu dimasak dengan santan yang gurih.

Kenikmatan dari daging kelelawar ini konon terletak pada sayapnya yang kenyal mirip dengan kikil sapi atau kambing yang kerap dimasak menjadi krengsengan di Pulau Jawa. Berani coba?

Salah satu hal yang menyebabkan pasar ini tetap eksis puluhan tahun adalah harga barang-barangnya yang murah.

Ular dibakar
Ular dibakar (Internet)

Di pasar ini, semua orang bisa membeli aneka daging ekstrem dengan harga yang cukup murah meriah. Untuk daging paniki atau kelelawar dijual dengan harga Rp 10.000,00-Rp30.000,00 . Biasanya semakin besar harganya akan naik.

Selanjutnya daging ular piton dihargai Rp40.000,00 saja. Untuk tikus ekor putih yang konon sangat nikmat itu per ekornya dihargai Rp20.000,00.

Daging Anjing dijual dengan harga Rp25.000,00 per kilogram sedangkan daging kucing Rp100.000,00.

Yah, bagi pencinta kucing dan anjing, pasar ini sama halnya neraka meski bisa mencukupi kebutuhan protein warga-warga di sekitarnya.(*/tribunmanado.co.id)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved