Surga Kecil Itu Bernama Pantai Tulap

Pohon kelapa yang menjorok ke pantai menjadi spot foto favorit bagi pengunjung

Editor: muhammad irham
Internet
Pantai Tulap di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Biasanya, pantai dengan angin semilir, air laut yang tenang dan jernih, serta pohon nyiur yang melambai, hanya ada dalam cerita. Akan tetapi, di Pantai Tulap, imajinasi itu nyata adanya.

Pantai Tulap terletak di pesisir timur Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Pantai ini berpasir putih. Di sepanjang bentangan garis pantainya, hanya ditemui pasir putih yang halus bak tepung.

Spot tempat gazebo dan kendaraan parkir di sekitar pantai memang belum tertata dengan baik. Namun, pemandangan pantainya sungguh menakjubkan.

Pantai Tulap, Minahasa
Pantai Tulap, Minahasa (Instagram)

Pantai pasir putih yang panjang dan meliuk-liuk. Deretan nyiur melambai membawa nuansa kesejukkan.

Belum lagi, pohon-pohon berbatang besar dan berdaun lebat diantara liukan nyiur, selain membuat teduh rindang, juga semilir angin yang semakin menyejukkan. Jauh ke laut lepas yang biru.

Sesekali, tampak kapal cepat di kejauhan melintas, sepertinya dari Pelabuhan Bitung, menuju pulau-pulau di wilayah timurnya Minahasa, seperti Ternate dan Ambon, atau bahkan mungkin ada yang langsung ke Papua.

Pohon kelapa yang menjorok ke pantai menjadi spot foto favorit bagi pengunjung. Di temani semilir angin, Anda bisa berfoto bersama di atas pohon kelapa ini sembari menyaksikan birunya air Laut Sulawesi.

Air laut yang biru memantul ke langit yang juga tampak biru, awan yang tipis-tipis menepis mendung yang di bagian tempat lain, menjatuhkan rintik hujan, saat kami meluncur ke Pantai Tulap ini. Langit di atas Pantai Tulap sangat cerah dan biru langitnya sangat jelas.

Pantai Tulap
Pantai Tulap (internet)

Di kejauhan, di bagian sisi selatan, tampak dinding di tepi pantai terlihat menjulang.

Bagi yang penasaran, bisa mendekat ke tebing pantai tersebut.

Dinding itu adalah hasil degradasi pantai dan bukit yang tidak tinggi di seberang pantai.

Dinding terbentuk kemungkinan karena adanya pengikisan air pantai, di masa lalu, saat permukaan air laut lebih tinggi dari saat sekarang.

Namun dinding atau tebih tanah menjulang itu tampak kompak, atau dalam istilah orang Manado, tanah gomato, tanah yang keras, sehingga tebing tanah itu tampak berdiri kokoh tanpa khawatir longsor.

Tanah yang padat, dan di atas bukit itu tumbuh ilalang. Padang ilalalang yang tak begitu luas itu, menjadi spot khusus, yang membedakan Pantai Tulap dengan spot wisata pantai lainnya.

Pantai Tulap Minahasa, keindahan pantai tiada tara. Surga di pesisir timur Semenanjung Minahasa, yang menjanjikan masa depan Destinasi Wisata Provinsi Sulawesi Utara yang menawan dan yang sama sekali tak kalah dari destinasi wisata lain di luar Sulawesi.(*/tribunmanado.co.id)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved