Bunga-bunga Bermekaran Sambut Wisatawan di Puncak Rurukan

Taman wisata ini berada di Desa Rurukan yang terkenal dengan aneka taman bunga yang cantik memanjakan mata siapa saja yang datang.

Editor: muhammad irham
int
Kabut menyelimuti Puncak Rurukan di Tomohon, Sulawesi Utara 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kota Tomohon, Sulawesi Utara, selalu menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan. Mulai dari pasar ekstrem, hingga keindahan taman bunga yang jarang ditemui di tempat lain.

Ada satu tempat wisata pegunungan yang sayang dilewatkan jika berplesir ke Tomohon. Yakni, Taman Wisata Puncak Rurukan.

Taman wisata ini berada di Desa Rurukan yang terkenal dengan aneka taman bunga yang cantik memanjakan mata siapa saja yang datang.

Di tempat ini, kamu akan merasakan seperti berada di dunia dongeng.
Traveler akan dimanjakan pemandangan ala negeri dongeng karena destinasinya sengaja dijadikan indah bak negeri dongeng.

Puncak Rurukan, Kota Tomohon
Puncak Rurukan, Kota Tomohon (Instagram)

Dari sini pula Kamu bisa melihat pemandangan cantik bunga-bunga dengan background gunung di Tomohon.

Puncak Rurukan yang lengkap dengan keunikannya bisa menjadi ajang promosi tersendiri untuk Kota Tomohon, yang sebelumnya lebih dikenal dengan Pasar Beriman, sebuah pasar tradisional yang menjual berbagai hewan tak lazim untuk dikonsumsi, mulai dari kelelawar, tikus, ular, hingga babi.

Seperti namanya, secara administratif Puncak Rurukan terletak di Desa Rurukan, Kecamatan Tomohon, Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Dari pusat Kota Tomohon, para wisatawan hanya perlu menempuh jarak sejauh 5 km atau sekitar 10 menit perjalanan untuk sampai di Puncak Rurukan.

Sementara itu, apabila datang dari ibu kota Sulawesi Utara, Manado, pengunjung masih harus menempuh perjalanan sejauh 35 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1 hingga 2 jam perjalanan darat.

Jarak dari Manado memang cukup jauh, namun di sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan oleh pemandangan pegunungan yang sangat menawan, karena akan melewati Gunung Mahawu yang memiliki ketinggian sekitar 1.324 mdpl.

Selain itu, kamu juga akan melewati Bukit Doa Mahawu, yang juga memiliki pemandangan tak kalah indahnya.

Soal prasarana transportasi juga tidak perlu khawatir, kamu kamu akan dimanjakan dengan jalanan beraspal yang cukup mulus.

Hanya saja ketika melewati kaki Gunung Mahawu, kamu akan melewati banyak jalanan berkelok dan tanjakan serta tikungan yang cukup tajam, sehingga dibutuhkan tingkat kewaspadaan yang cukup tinggi.

Sekilas Tentang Puncak Rurukan

Seperti namanya, tempat wisata ini pun berada di puncak suatu bukit, yang mana di sekitarnya akan terlihat hamparan hijau perbukitan dan areal perkebunan. Sejak dulu Desa Rurukan memang telah dikenal luas sebagai daerah penghasil sayur mayur, oleh sebab itu perbukitan di sekitar Puncak Rurukan akan lebih didominasi oleh perkebunan sayur milik warga setempat.

Puncak Rurukan
Puncak Rurukan (Int)

Selain itu, dari puncak para wisatawan juga bisa melihat kegagahan Gunung Mahawu yang menjulang gagah, sementara di sudut yang lainnya akan terlihat jelas pesona dari Danau Tondano, Selat Lembah, dan juga Gunung Klabat.

Berbagai pemandangan itu pun membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama di Puncak Rurukan, terutama mereka yang berasal dari kota dan ingin mendapatkan suasana yang tenang lengkap dengan pesona alam yang menawan.

Oh ya, lokasinya yang berada di dataran tinggi juga membuat Puncak Rurukan memiliki udara yang sejuk dan angin yang berhembus sepoi-sepoi.

Selain pemandangan alam, di Puncak Rurukan kamu juga bisa menemui hamparan luas taman bunga yang berwarna-warni. Hal itu tidak lepas dari predikat Kota Tomohon, sebagai daerah penghasil bunga-bunga yang cantik. Cuaca dan kelembapan yang mendukung juga membuat berbagai tanaman bunga tumbuh subur di Puncak Rurukan.(*/tribunmanado.co.id)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved