Cakalang Fufu, Kuliner Khas Minahasa yang Bisa Jadi Buah Tangan

Bagi kamu yang sedang berplesiran di Kota Manado, tak ada salahnya menjadikan Cakalang Fufu sebagai oleh-oleh untuk orang-orang di rumah.

Editor: muhammad irham
int
Cakalang Fufu 

Laporan: Carol Tanod, Mahasiswa Magang Tribun Manado

TRIBUNMANADO.CO.ID - Salah satu kuliner khas masyarakat Sulawesi Utara adalah Cakalang Fufu. Dari namanya, Cakalang Fufu berbahan dasar ikan cakalang.

Cakalang Fufu artinya ikan cakalang yang diolah dengan cara diasap. Cara ini dilakukan agar ikan tersebut tahan hingga satu bulan dalam suhu udara normal.

Bagi kamu yang sedang berplesiran di Kota Manado, tak ada salahnya menjadikan Cakalang Fufu sebagai oleh-oleh untuk orang-orang di rumah.

Penampilan Cakalang Fufu mirip ikan asap. Ikan dibelah kemudian ditusuk. Setelah itu ikan diasapi di atas batok kelapa yang telah dibakar sebelumnya.

Ikan Cakalang fufu dapat dikonsumsi tersendiri dengan cara dipanaskan dan digoreng
sebentar dalam minyak panas dan langsung dimakan dengan nasi dan dabu-dabu (sambal Minahasa), atau menjadi bahan untuk memasak hidangan lainnya.

Suwiran daging cakalang fufu dapat ditambahkan dalam berbagai hidangan seperti  selada kentang, mi cakalang, atau dimasak rica-rica dengan  cabai.

Harga Ikan Cakalang Fufu ini sendiri sekitar Rp 65.000/jepit, dan mudah juga banyak ditemui di seluruh pasar-pasar yang ada di Manado maupun beberapa lokasi di pinggiran jalan.

Cakalang fufu bisa di kreasikan dalam banyak resep rumahan seperti cakalang fufu sambal
mentah, cakalang fufu garo rica, cakalang fufu santan, cakalang fufu tumis pedas, dan masih banyak lagi resep rumahan yang praktis untuk pembuatan cakalang fufu.

Salah satu resep yang paling popular yang banyak di temui yaitu Cakalang fufu Garo Rica.

Olahan Cakalang Fufu menjadi Cakalang Fufu Garo Rica
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved