Arab Saudi Mulai Buka Penerbangan Internasional, Warga Indonesia Sudah Bisa Umrah

Penerbangan internasional di Arab Saudi sudah ditutup sejak enam bulan lalu karena pandemi virus corona.

int
Ilustrasi jamaah umrah 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Arab Saudi mulai membuka penerbangan internasional terhitung, Selasa (15/9/2020). Kesempatan bagi warga Indonesia yang akan melakukan perjalanan umrah.

Seperti dikutip dari Arab News, Senin (14/9/2020), rencana pembukaan penerbangan internasional diungkapkan oleh Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

Penerbangan internasional di Arab Saudi sudah ditutup sejak enam bulan lalu karena pandemi virus corona.

"Kerajaan akan mengakhiri semua larangan perjalanan lewat udara, darat dan laut setelah 1 Januari tahun depan," ujar Kementerian Dalam Negeri. Tanggal pastinya akan diumumkan di masa yang akan datang.

Warga Timur Tengah dan mereka yang merupakan warga non-Saudi dengan izin tinggal atau visa yang valid akan diizinkan memasuki wilayah kerajaan mulai 15 September. Namun, dengan syarat mereka tidak terinfeksi virus Corona dalam 48 jam terakhir.

Kerajaan juga memberikan kategori luar biasa lainnya bagi mereka yang bisa masuk Arab Saudi yakni para pegawai pemerintah dan militer, pekerja kedutaan asing dan orang-orang yang membutuhkan perawatan medis akan diizinkan masuk dan keluar Saudi mulai 15 September.

Para pelajar Saudi yang di luar negeri juga bisa bernapas lega karena mereka termasuk yang dikecualikan dari larangan penerbangan. Para penerima beasiswa, pelajar di bidang medis yang harus menimba ilmu di luar negeri juga diperbolehkan.

"Saya sudah mendapatkan surat penerimaan dari sebuah universitas di Belanda saat kebijakan lockdown berlaku, saya sudah menunggu lama pencabutan larangan itu diumumkan," ujar Jawaher Abdulattif dari Jeddah yang tengah mengejar gelar PhD-nya.

Keluarga yang sudah terpisah karena lockdown juga akhirnya bisa bertemu sanak famili di luar Arab Saudi. Sementara untuk umrah akan dibuka secara bertahap.(*/tribunmanado.co.id)

Ikuti kami di
Editor: muhammad irham
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved