Menelusuri Tondano Sambil Menikmati Gurihnya Ikan Payangka

Ikan Payangka adalah nama salah satu jenis ikan endemik Sulawesi Utara. Ikan ini cukup terkenal di Tondano.

Editor: muhammad irham
zoom-inlihat foto Menelusuri Tondano Sambil Menikmati Gurihnya Ikan Payangka
int
Menu Ikan Woku

TRIBUNMANADO.CO.ID - Jika berkunjung ke Provinsi Sulawesi Utara, jangan lupa jalan-jalan ke Danau Tondano. Daerah beriklim sejuk ini selain menawarkan keindahan alam, juga menyajikan aneka kuliner super enak yang wajib untuk dicoba.

Ada satu menu yang istimewa yang bisa kamu dapatkan saat berada di Tondano. Namanya Payangka.

Kuliner ini tergolong khas, karena bahan baku berupa ikan Payangka, hanya bisa didapatkan di Danau Tondano.

Bahkan Ikan Payangka ini pernah diminta oleh Kaisar Jepang untuk diteliti. Ikan yang hidup di dasar air Danau Tondano ini sangat enak jika digoreng.

Keistimewaan lainnya selain gurih, rasanya manis. Selain itu Payangka juga terasa sedap dicicipi saat diolah dengan bumbu Woku. Bumbunya sama dengan Mujair Woku.

Ikan Payangka adalah nama salah satu jenis ikan endemik Sulawesi Utara. Ikan ini cukup terkenal di Tondano.

Selain memang banyak terdapat di Danau Tondano, ikan Payangka juga dijadikan konsumsi masyarakat setempat. Bahkan karena terkenal kelezatannya, ikan ini mulai dikenal keluar daerah Sulut.

Ikan yang kini juga menjadi simbol dominan dari logo Pilkada bupati dan wakil bupati Minahasa 2018, sejatinya adalah bukan endemik Danau Tondano.

Ikan ini masuk Danau Tondano pada sekitar 1902 dari Danau Limboto, Gorontalo, yang sebelumnya juga termasuk dalam wilayah Provinsi Sulut.

Karena sudah lama diintroduksi ke dalam Danau Tondano, dan mampu bertahan, bahkan menjadi spesies dominan, oleh masyarakat setempat, ikan Payangka kemudian dianggap ikan asli Danau Tondano.

Kamu bisa memesan menu Ikan Payangka dalam berbagai varian. Seperti goreng, bakar, woku, dan lainnya. Rasanya dijamin enak.(*/tribunmanado.co.id)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved