Pjs Bupati Minsel Berang, Tak Ada Pejabat Minsel yang Datang di Pelantikannya

“Kita lihat saja bagaimana Pemprov melayani Pjs Gubernur pak Agus Fatoni usai dikukuhkan pak Menteri, karena memang aturannya begitu.

Editor: muhammad irham
int
Pjs Bupati Minahasa Selatan, Mecky Onibala 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ada hal menarik yang terjadi saat usai Pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni melantik Pjs Bupati Minahasa Selatan, Mecky Onibala. Tak satupun pejabat Minahasa Selatan yang hadir dalam acara itu.

Bahkan, usai acara pelantikan, Mecky tak mendapat kendaraan dinas seperti empat Pjs Bupati lainnya yang ikut dilantik.

Kepada wartawan, Mecky yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Inspektorat Pemprov Sulut, menyebut Pemkab Minsel telah melecehkan Undang Undang.

“Tak ada perwakilan dari Pemkab Minsel yang hadir, begitupun fasilitas seperti mobil dinas bagi bupati, tak diberikan,” ungkap Mecky Onibala.

Ia mengatakan, seharusnya ini tak terjadi karena hal ini adalah perintah undang-undang.

“Kita lihat saja bagaimana Pemprov melayani Pjs Gubernur pak Agus Fatoni usai dikukuhkan pak Menteri, karena memang aturannya begitu. Tapi hal ini seperti tak dilakukan jajaran Pemkab Minsel,” tandas Pjs Mecky.

“Ini sudah melecehkan Undang-undang, Mendagri dan gubernur karena ini tak sesuai amanat undang-undang,” tegas Pjs Onibala sembari membeberkan hal ini sesuai ketentuan UU yaitu Penjabat Bupati merupakan perintah UU nomor 10 tahun 2016 dan Permendagri nomor 1 tahun 2018.

Padahal, dengan tidak memberikan fasilitas kepada Pjs Bupati Minsel, sebagai bentuk perlawanan atas perintah Presiden melalui Mendagri yang menjalankan UU.

Apalagi, Pjs Bupati merupakan perintah UU nomor 10 tahun 2016 dan Permendagri nomor 1 tahun 2018.

Kabupaten Minahasa Selatan selama hampir 10 tahun terakhir dipimpin oleh Christiany Eugenia Paruntu atau Tetty Paruntu.

Tetty saat ini ikut mencalonkan diri sebagia calon Gubernur Sulawesi Utara. Politisi Partai Golkar ini menantang petahana Olly Dondokambey dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Selain Tetty, Olly juga ditantang oleh Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan. Vonni didukung oleh Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).(*/tribunmanado.co.id)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved