Amankah Bepergian dengan Pesawat Terbang di Musim Hujan?

Air Traffic Controller (ATC) yang berada di bandara pun tak akan mengizinkan pesawat mengudara jika kondisi cuaca membahayakan.

Editor: muhammad irham
int
Ilustrasi pesawat terbang disambar petir 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tidak bisa dipungkiri, perjalanan dengan pesawat terbang menjadi pilihan utama seseorang yang ingin bepergian jauh, khususnya keluar pulau.

Selain cepat, berkendara dengan moda transportasi udara lebih aman dibanding alat transportasi lainnya.

Namunsaat musim hujan tiba, banyak calon penumpang yang ciut nyalinya saat hendak naik pesawat.

Bayang-bayang pesawat terguncang dan jatuh saat hujan, terbayang di benak.

Seperti dilansir dari Conde Nast Traveller, meski hujan lebat, pesawat tetap aman untuk mengudara.

Hujan lebat dan angin kencang yang Anda alami saat dalam perjalanan ke bandara, bukan berarti ini akan membuat penerbangan mengalami kecelakaan.

Maskapai penerbangan di dunia tentu sudah memprediksi hal ini. Perusahaan pembuat pesawat pun telah mendesain pesawat yang bisa beroperasi saat hujan bahkan ketika salju turun.

Maskapai penerbangan pun sudah membuat prosedur keamanan untuk menghadapi kondisi cuaca tertentu. Apalagi untuk memutuskan pesawat bisa mengudara.

Air Traffic Controller (ATC) yang berada di bandara pun tak akan mengizinkan pesawat mengudara jika kondisi cuaca membahayakan.

Tapi jika dalam kondisi cuaca hujan pesawat Anda tetap diberangkatkan, tak perlu khawatir, itu berarti kondisi memang memungkinkan untuk pesawat mengudara.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui ketika mengudara di hari hujan agar Anda tidak panik dan tetap fokus dengan perjalanan Anda.

1. Penerbangan sedikit berguncang

Sama halnya ketika mengemudikan mobil di hari hujan. Banyak lubang tertutup air yang menyebabkan kendaraan tak sengaja menghantam lubang dan membuat kendaraan sedikit terguncang.

Hal ini juga terjadi pada pesawat. Apalagi jika pesawat harus melalui awan-awan hujan, ini berarti pesawat akan berguncang atau tiba-tiba naik dan turun. Yang perlu dipahami adalah kondisi ini normal.

ilustrasi

2. Petir tidak akan membuat pesawat jatuh

Para ahli mengatakan kemungkinan sebuah pesawat disambar petir jarang sekali terjadi.

Dan bahkan ketika itu terjadi, petir tidak akan membakar pesawat yang Anda tumpangi.

Pesawat dibuat untuk bisa menyerap lebih dari delapan kali energi yang dibawa oleh sambaran petir.

Jika petir menyambar pesawat, energi yang dihamburkan sangat kecil, dan tidak akan mengganggu perangkat elektronik pesawat juga penumpang.

Pilot Anda akan memilih untuk segera mendarat setelah terjadi sambaran, tapi kondisi ini lebih sebagai tindakan pencegahan bukan sebagai tanda marabahaya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved