Kabupaten Sitaro Zona Hijau Covid-19, Bupati: Awalnya Kami Hanya Pakai Jas Hujan

"Sejak awal Maret kami sudah action, sebelum Presiden menetapkan bahwa di Indonesia telah ada Covid-19, kami mulai menyosialisasikan ke masyarakat

Editor: muhammad irham
int
Bupati Sitaro Evangelian Sasingen 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara masuk dalam zona hijau penyebaran virus corona. Padahal, awalnya penanganan virus mematikan di daerah ini hanya mengandalkan jas hujan sebagai alat pelindung diri (APD).

Hal itu diungkapkan Bupati Sitaro Evangelian Sasingen saat membeberkan keberhasilan wilayahnya dalam menekan angka kasus Covid-19.

Menurut Eva, hal itu dikarenakan langkah cepat sejumlah pihak dalam menekan penyebaran Covid-19.

"Sejak awal Maret kami sudah action, sebelum Presiden menetapkan bahwa di Indonesia telah ada Covid-19, kami sudah mulai menyosialisasikan ke masyarakat," ujar Evangelian dalam diskusi publik di kanal Youtube BNPB, Kamis (15/10/2020)

Sosialisasi tentang munculnya penyakit tersebt dilakukan di rumah-rumah ibadah, mengandalkan tokoh-tokoh masyarakat dan agama di sana.

Ketika kasus Covid-19 merebak, Eva langsung membentuk Gugus Tugas di tingkat kabupaten hingga ke kampung-kampung.

Akses masuk ke Sitaro yang melalui pelabuhan-pelabuhan dan kota Manado juga langsung dibatasi.

"Waktu itu kami tak menggunakan pelindung karena belum ada APD. Dari tim kesehatan, itu menggunakan jas hujan. Jadi seluruh pintu masuk sangat ketata dalam pemeriksaan," katanya.

Pemda Sitaro, dikatakan Eva, juga membangun rumah-rumah isolasi di tingkat desa sampai kabupaten untuk para pengunjung dari luar daerah.

"Setiap orang yang masuk ke sana harus diisolasi selama dua minggu, baru bisa ke keluarga mereka," kata Eva.

Kasus positif di Sitaro memang sempat muncul lewat klaster pasar ada Juni lalu. Pasar pun ditutup dan semua disterilkan.

Eva memastikan wilayahnya kini berstatus zona hijau dan tidak memiliki kasus aktif.

Namun, pemerintah daerah tetap meminta masyarakat untuk melakukan dengan ketat protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak atau 3M.(*/tribunmanado.co.id)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved