Makam Tuanku Imam Bonjol di Minahasa, Pengunjung Bisa Salat di Area Makam

Tuanku Imam Bonjol adalah seorang pahlawan Nasional yang berperan penting dalam Perang Paderi.

Editor: muhammad irham
Tribun Manado/Paschalis Serty
Makam Tuanku Imam Bonjol di Minahasa, Sulawesi Utara 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Makam Tuanku Imam Bonjol adalah makam seorang pahlawan yang berada di Desa Lotta, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Tuanku Imam Bonjol adalah seorang pahlawan Nasional yang berperan penting dalam Perang Paderi.

Ia dilahirkan di Tanjungbungo (Bonjol), Sumatra Barat pada tahun 1774 dan meninggal dunia dalam pengasingannya di Minahasa pada tahun pada tanggal 8 November 1854.

Jika berkunjung ke Minahasa, luangkan waktu untuk mendatangi makam pahlawan nasional Tuanku Imam Bonjol.

Makam yang berlokasi di Jalan Pineleng-Kali, Desa Lotta, Kecamatan Pineleng, itu menjadi salah satu objek wisata andalan bagi pengunjung dari luar wilayah Sulawesi Utara.

Menurut penjaga makam, Abdul Mutalib, kondisi makam memang cukup menarik perhatian wisatawan dari beberapa wilayah di luar Sulawesi Utara.

Bahkan, pengunjung mancanegara pun sering kali mampir untuk melihat tempat peristirahatan terakhir sang pahlawan.

Selain masyarakat biasa, beberapa presiden Indonesia dan tokoh-tokoh penting di pemerintahan sempat mengunjungi makam Tuanku Imam Bonjol.

Abdul menjelaskan, Presiden Indonesia keempat Abdurrahman Wahid dan Presiden Indonesia kelima Susilo Bambang Yudhoyono pun pernah mampir ke pekuburan berbentuk rumah adat Minangkabau berukuran 15 meter kali 7 meter itu.

"Beberapa sanak saudara Beliau pun terkadang masih ke sini untuk menengok," kata Abdul.

Ketika memasuki bangunan pemakaman Tuanku Imam Bonjol, akan terlihat sebuah makam dengan batu nisan bertuliskan Peto Syarif Ibnu Pandito Bayanuddin bergelar Tuanku Imam Bonjol Pahlawan Nasional.

Imam Bonjol meninggal dalam pengasingan pemerintah kolonial Belanda karena berperang menentang penjajahan untuk kemerdekaan Tanah Air, bangsa, dan negara.

Terdapat sebuah lukisan besar yang memperlihatkan Tuanku Imam Bonjol sedang menunggangi kuda dan bersiap untuk menyerang, di dinding sebelah makam.

Jika ingin melihat tempat Tuanku Imam Bonjol melaksanakan shalat, pengunjung bisa melangkahkan kaki untuk menuruni tangga menuju pinggir sungai.

Sesampainya di ujung, akan terlihat bangunan bertuliskan Tempat Ibadah Tuanku Imam Bonjol.

Di tempat tersebut terdapat sebuah batu besar yang dulunya digunakan ulama itu untuk shalat.

Bagi wisatawan yang ingin shalat di sana, terdapat sebuah mushala yang berada di ruangan sebelahnya.(*/tribunmanado.co.id)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved