7 Strategi Berburu Tiket Pesawat Murah

Namun terkadang jika ingin bepergian dengan transportasi udara, terkendala pada haga tiket pesawat yang melambung tinggi.

Editor: muhammad irham
internet
Ilustrasi Tiket Pesawat Terbang 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bepergian dengan menggunakan moda transportasi udara tentunya menyenangkan. Kita bisa tiba di tempat tujuan dengan cepat meskioun jaraknya cukup jauh.

Namun terkadang jika ingin bepergian dengan transportasi udara, terkendala pada haga tiket pesawat yang melambung tinggi.

Nah, agar bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah, kamu perlu melakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Tentukan Periode Perjalanan

Menjelang peak season, seperti musim libur sekolah, harga tiket pesawat pasti akan melonjak tinggi. Karena itu coba geser waktu liburan kalian ke periode off-season atau tidak lama setelah libur panjang.

Selain itu, terbang saat weekday terbilang lebih murah dibanding terbang saat weekend. Harga tiket pesawat juga lebih murah jika jam keberangkatannya pada pagi hari atau tengah malam.

2. Fleksibel Soal Destinasi

Jika tidak bisa fleksibel dengan periode liburan, coba lebih fleksibel dalam menentukan destinasi liburan. Saat ini sudah banyak layanan yang bisa membantu kalian mencari destinasi wisata dengan harga tiket pesawat yang jauh lebih murah, misalnya Google Flights.

Caranya masuk ke situs Google Flights dan klik peta yang ada. Masukkan tanggal dan bandara keberangkatan dan Google akan memperlihatkan kota mana saja yang harga tiket pesawatnya paling murah dan sesuai budget kalian.

3. Terbang dengan Low Cost Carrier

Jika kalian berniat liburan ke luar negeri, coba riset mengenai low cost carrier (LCC) yang terbang ke negara tersebut. Saat ini sudah ada banyak LCC yang menawarkan penerbangan jarak jauh, termasuk AirAsia.

Harga tiket pesawat yang ditawarkan memang terbilang murah, tapi waspada dengan biaya tambahan yang dibebankan.

LCC biasanya membebankan biaya untuk bagasi, mencetak boarding pass atau pembayaran menggunakan kartu kredit.

4. Gunakan Poin dan Miles

Jika kalian sudah menjadi pengguna loyal suatu maskapai penerbangan, jangan lupa untuk mendaftar keanggotaan frequent flyer.

Dengan keanggotaan ini, kalian bisa mendapat poin dan miles yang bisa ditukarkan dengan tiket gratis.

Poin dan miles ini tidak hanya bisa kalian dapat dengan sering-sering terbang lho.

Beberapa maskapai juga bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit dan online shopping yang tiap transaksinya bisa mendapat bonus berupa poin dan miles.

5. Cari Tiket untuk Satu Orang

Saat mencari tiket untuk rombongan, jangan beli banyak tiket sekaligus dalam satu transaksi.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved