Mata Air Aerujang Akan Dilalui Jalan Tol, PDAM Terancam Kehilangan Sumber Air Baku

Kami tak menolak pembangunan tol apalagi menghalang-halangi, kami hanya minta geser proyek jalan tol

Editor: muhammad irham
zoom-inlihat foto Mata Air Aerujang Akan Dilalui Jalan Tol, PDAM Terancam Kehilangan Sumber Air Baku
istimewa
Aliansi Selamatkan Air Aerujang saat melakukan protes terhadap pembangunan jala tol dilokasi Mata Air Aerujang. Selasa (21/07/2020).

TRIBUNMANADO.CO.ID - Belasan pemuda yang tergabung dalam Aliansi Peduli Mata Air Aerujang, Kelurahan Girian Indah, Kecamatan Girian, Kota Bitung, Sulawesi Utara, menggelar upacara memperingati Sumpah Pemuda di lokasi mata air Aerujang, Rabu (28/10/2020).

Tempat itu senjaga dipilih lantaran, akan dilalui oleh proyek jalan tol Manado-Bitung.

Menurut seorang penitia, Ridel, lewat peringatan Hari Sumpah Pemuda, Aliansi Peduli Mata Air Aerujang tetap konsisten menyuarakan penyelamatan mata air Aerujang dari ancaman pembangunan jalan tol Manado-Bitung.

“Kami tak menolak pembangunan tol apalagi menghalang-halangi, kami hanya minta geser proyek jalan tol dari mata air Aerujang karena mengancam kelestarian mata air,” kata Ridel.

Ridel berharap, lewat upacara Hari Sumpah Pemuda tahun ini, Presiden Joko Widodo mau mendengar tuntutan menggeser proyek pembangunan jalan tol dari mata air Aerujang.

“Hanya digeser seperti yang dijanjikan Pak Menteri PUPR, Basoeki Hadimoeljono ketika mengunjungi mata air Aerujang bulan Maret lalu,” katanya.

Mereka berharap agar jalan tol tersebut digeser sejauh kurang lebih 70 meter dari lokasi mata air.

“Rekomendasi yang dikeluarkan oleh Menteri PUPR saat itu, tak diindahkan oleh pihak Jasa Marga, dan dengan sengaja merubah sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Pak Menteri,” tegas Wesli, seorang peserta aksi.

Menurut warga sekitar, mata air Aerujang adalah bagian dari hutan adat Negeri Danowudu yang telah mereka jaga secara turun temurun. Mereka pun mengaku siap mempertahankan mata air tersebut.

Mata air ini juga menjadi sumber air baku bagi PDAM Duasudara Kota Bitung yang menyuplai air bersih ke rumah warga. (*/tribunmanado.co.id)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved