Takut Naik Pesawat Terbang? Pakai Strategi Ini

Nah, jika Anda merasa takut naik pesawat, rupanya Anda tidak sendiri. Di dunia ini ada banyak orang yang mengalami hal yang sama.

Editor: muhammad irham
int
Ilustrasi penumpang pesawat 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Di musim liburan seperti saat ini, berlibur menggunakan moda transportasi udara adalah pilihan tepat. Itu jika daerah yang akan dituju cukup jauh.

Namun, tak semua orang bisa menikmati perjalanan udara. Ada juga orang yang fobia menggunakan burung besi ini.

Nah, jika Anda merasa takut naik pesawat, rupanya Anda tidak sendiri. Di dunia ini ada banyak orang yang mengalami hal yang sama.

Psikolog klinis dari University of Vermont yang meneliti gangguan ansietas, Matthew Price, mengatakan tidak ada satu penjelasan khusus mengenai alasan mengapa seseorang dapat mengalami fobia tersebut.

Price berpendapat, rasa takut tersebut mungkin disebabkan karena belum pernah naik pesawat, punya pengalaman buruk dengan penerbangan sebelumnya, dan merasa trauma atau cemas karena berada di ruang tertutup tanpa jalan keluar.

Terlepas dari itu, rasa takut naik pesawat merupakan hal yang dapat diatasi dengan strategi.

Berikut strategi yang dimaksud:

1. Ketahui Pencetus Rasa Takut Naik Pesawat

Dengan mengetahui pencetus rasa takut naik pesawat, Anda dapat mempelajari dengan saksama bagaimana reaksi kecemasan bisa terpicu.

Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi hal-hal spesifik yang menimbulkan kecemasan saat naik pesawat, sehingga Anda bisa melakukan siasat untuk mengatasinya.

2. Bepergian Bersama Keluarga atau Teman

Bepergian bersama anggota keluarga atau beberapa teman dapat mewarnai perjalanan Anda. Dengan ini, Anda dapat mengisi waktu dengan mengobrol dan bercerita selama di pesawat sehingga bisa melupakan rasa takut selama perjalanan.

Selain meredakan rasa takut, berbincang dengan rekan seperjalanan juga dapat mempererat hubungan yang terjalin.

3. Melakukan Kegiatan Positif Selama di Pesawat

Isi waktu Anda dengan aktivitas positif selama di perjalanan. Anda dapat membawa sebuah novel untuk dibaca, mendengarkan musik dari gawai, atau menyaksikan film yang telah disiapkan sebelumnya.

Dengan melakukan berbagai kegiatan, Anda akan sejenak melupakan rasa takut sehingga dapat menikmati penerbangan dengan nyaman.

4. Pilihlah Waktu Terbang yang Paling Nyaman

Hal lain yang juga dapat Anda lakukan untuk menyiasati rasa takut naik pesawat adalah menyesuaikan jadwal penerbangan dengan waktu istirahat.

Contoh, memilih pesawat yang terbang pada malam hari dan sampai di tempat tujuan pada pagi hari.

Dengan begitu, Anda dapat beristirahat di pesawat dan terbangun dengan segar untuk segera beraktivitas di tempat tujuan.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved