Amankah Naik Pesawat Saat Hujan dan Cuaca Buruk? Ini Jawabannya

Di musim hujan seperti ini, tidak berarti menghalangi niat kamu untuk berlibur atau bepergian dengan menggunakan moda transportasi udara.

Editor: muhammad irham
int
Ilustrasi pesawat terbang disambar petir 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebagian wilayah Indonesia saat ini sedang memasuki musim penghujan. Bahkan, beberapa daerah mendapat peringatan dari BMKG karena terancam dilanda cuaca buruk seperti angin kencang dan hujan deras.

Di musim hujan seperti ini, tidak berarti menghalangi niat kamu untuk berlibur atau bepergian dengan menggunakan moda transportasi udara.

Pertyanyaan yang sering muncul di benak calon penumpang pesawat terbang adalah, amankah mengendarai pesawat terbang di saat cuaca buruk?

Sesuai Arahan ATC

Pesawat aman untuk mengudara di saat turun hujan, bahkan di saat turun salju.

Maskapai penerbangan sudah membuat prosedur keamanan untuk menghadapi kondisi cuaca yang buruk.

Jika kamu naik pesawat dalam keadaan hujan, jangan takut, itu berarti kondisinya memang memungkinkan pesawat untuk terbang.

Air Traffic Controller (ATC) yang berada di bandara tidak akan mengizinkan pesawat untuk terbang jika memang kondisi cuaca sedang buruk.

Guncangan Saat Terbang

Saat sedang mengudara dalam keadaan hujan, biasanya kamu akan merasakan guncangan, baik itu kecil maupun besar. Namun, hal ini tidak membahayakan, kok.

Sama seperti mobil yang mengindari jalan berlubang, pesawat juga menghindari atau bahkan menembus awan yang mengakibatkan adanya guncangan.

Tidak akan Tersambar Petir

Meskipun berada di antara awan-awan, pesawat tidak akan tersambar petir.

Pesawat dilengkapi dengan Static Discharge (SD) pada badannya.

Static Discharge berfungsi untuk membuang listrik statis ke udara, sehingga petir tidak akan menyambar pesawat. Kalaupun pesawat terkena petir, itu tidak akan menggangu penumpang dan juga perangkat elektroknik.

Nah, jadi jangan takut untuk naik pesawat saat kondisi cuaca sedang hujan. Tetap tenang dan jangan panik, ya.(*/tribunmanado.co.id)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved