Sambal Dabu-dabu, Kuliner Khas Sulawesi Utara, Bahannya Mudah dan Gampang Cara Buatnya

Kuliner-kuliner berbahan dasar hasil laut, biasanya dilengkapi dengan aneka sambal yang tentunya kaya dengan cabai yang super pedas.

Editor: muhammad irham
int
Sambal Dabu-dabu 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kota Manado, Sulawesi Utara, terkenal dengan aneka kulinernya yang pedas dan lezat. Hal ini tidak terlepas dari melimpahnya hasil laut yang kemudian diolah menjadi aneka kuliner enak oleh warganya.

Kuliner-kuliner berbahan dasar hasil laut, biasanya dilengkapi dengan aneka sambal yang tentunya kaya dengan cabai yang super pedas.

Sambal dabu-dabu adalah salah satu sambal paling terkenal di kota ini.  Sambal ini terbuat dari irisan cabai rawit merah, cabai rawit hijau, bawang merah, dan  tomat merah.

Ada juga yang menambahkan irisan tomat merah dan hijau, serta daun kemangi untuk menambah kelezatan sambal dabu-dabu ini.

Penambahan tomat ini membuat cita rasa sambal dabu-dabu jadi lebih segar dan bisa menetralkan rasa pedas dari cabai.

Sementara untuk penggunaan daun kemanginya bisa membuat sambal ini memiliki aroma wangi yang khas.

Kemudian ditambahkan perasan air jeruk nipis, garam dan minyak zaitun. Rasanya yang asam dan pedas cocok dipadukan dengan masakan Manado lainnya.

Sambal dabu-dabu biasanya dikombinasikan dengan sajian ikan bakar, plus nasi hangat yang mengepul-ngepulkan asap tipis.(*/tribunmanado.co.id)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved