7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Naik Pesawat Terbang

Prosedur naik pesawat bisa dikatakan adalah yang paling kompleks dibandingkan dengan moda transportasi lainnya. 

Editor: muhammad irham
Tribunnews.com
Ilustrasi Penumpang Pesawat 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bepergian dengan menggunakan moda transportasi udara tentunya sangat menyenangkan. Apalagi jika dilakukan bersama orang tercinta.

Bagi yang sudah terbiasa, menumpang pesawat udara tentu tidak menjadi masalah. Namun jika baru pertama kali naik pesawat, tentu Anda harus mengerti banyak hal tentang penerbangan.

Prosedur naik pesawat bisa dikatakan adalah yang paling kompleks dibandingkan dengan moda transportasi lainnya. 

Bagi Anda yang baru pertama kali naik pesawat, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini :

1. Perhatikan Jam Keberangkatan

Datanglah ke bandara 1-2 jam sebelum waktu keberangkatan yang tertera pada tiket pesawat.

Pasanglah pengingat pada ponsel Anda agar tak lupa untuk harus berkemas dan berangkat pada waktu yang telah ditentukan.

Prediksikan waktu tempuh dari tempat Anda menuju bandara, karena jarak tempuh yang dekat belum tentu bisa ditempuh dalam waktu yang singkat, pilihlah rute tempuh yang lebih cepat walau jarak tempuhnya lebih jauh.

2. Periksa Kembali Barang Bawaan Anda

Periksa dan pastikan semua dokumen yang Anda perlukan, seperti tiket pesawat, kartu identitas, paspor atau dokumen yang akan Anda butuhkan lainnya. Pastikan dokumen tersebut telah lengkap dan masih berlaku.

Pisahkan benda yang akan Anda masukan ke dalam bagasi dan barang yang akan dibawa ke kabin pesawat.

Pastikan juga Anda tidak membawa benda-benda yang dilarang untuk dibawa ke dalam pesawat. Anda juga bisa memasukkan dalam daftar bawaan Anda berupa benda-benda kecil yang akan membantu anda saat jauh dari rumah.

3. Jangan Malu Bertanya

Ketika Anda mengalami kebingungan ketika sampai di bandara, bertanyalah baik kepada petugas di dekat Anda atau kepada orang di samping Anda. Bertanya akan menghindarkan Anda dari salah masuk ruangan atau bahkan salah naik pesawat.

4. Berikan Tanda di Koper atau Ransel yang Masuk ke Dalam Bagasi

Sebenarnya pemberian tanda pada koper atau ransel yang masuk ke dalam bagasi bisa berupa kain yang diikatkan pada salah satu ujungnya, sehingga kita akan mudah mengenali barang kita apabila terbungkus oleh model koper yang hampir sama.

Cara lain yang lebih aman adalah merekatkan nama dan nomor telepon pada barang bawaan Anda, hal ini juga untuk mengantisipasi ketika barang Anda tertukar sehingga akan lebih mudah untuk menemukan pemiliknya.

5. Gunakan Pengaman Tas

Hindari memasukkan benda berharga pada koper atau ransel yang Anda ikutkan ke dalam bagasi. Resleting pada koper atau ransel biasanya tersedia lubang untuk mengaitkan gembok agar lebih aman.

Jika Anda ingin lebih aman, Anda bisa menggunakan jarring pengaman yang membungkus tas Anda, bisa dari jaring biasa atau dari kawat baja.

6. Jaga Bicara

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved