Menyusuri Cantiknya Tahuna, Kota Cantik di Ujung Sulawesi

Sangihe atau Sangir memiliki ibu kota bernama Tahuna. Kepulauan ini berjarak kurang lebih 251 km dari Kota Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara.

Editor: muhammad irham
int
Kota Tahuna 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Salah satu daerah yang menarik untuk dikunjungi di Sulawesi Utara adalah, Kabupaten Kepulauan Sangihe. 

Sangihe atau Sangir memiliki ibu kota bernama Tahuna. Kepulauan ini berjarak kurang lebih 251 km dari Kota Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara.

Sangihe juga termasuk salah pulau terluar Sulawesi yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Filipina.

Untuk transportasi dari Manado ke Tahuna dapat melalui jalur udara ataupun laut. Penerbangan dari Bandara Sam Ratulangi, Manado ke Naha, Tahuna dapat ditempuh kurang lebih 50 menit dan hanya dilakukan pada pagi hari pukul 07.00 WITA. Sedangkan untuk penerbangan sebaliknya dari Tahuna ke Manado pukul 08.15 WITA.

Sedangkan perjalanan dari Naha menuju pusat kota Tahuna dapat ditempuh kurang lebih 45 menit menggunakan kendaraan roda dua ataupun empat. Sementara itu untuk transportasi laut masyarakat dapat menggunakan kapal cepat dan kapal malam dengan harga yang bervariatif.

Kapal cepat hanya diberangkatkan pagi hari pukul 09.30 WITA dengan menempuh perjalanan selama 6 jam. Sedangkan kapal malam diberangkatkan pukul 19.00 WITA ditempuh selama 10 jam. Keberangkatan kedua kapal tersebut dimulai dari pelabuhan Manado sampai pelabuhan Sangihe.

Saat tiba di Tahuna, wisatawan dapat berkeliling menggunakan angkutan umum. Uniknya, setiap angkutan yang beroperasi tidak menuliskan trayek yang dilalui. Sehingga calon penumpang harus memastikan supir tersebut melewati lokasi yang akan dituju.

Sedangkan tarif yang dikenakan untuk pelajar dipatok mulai harga Rp 2.500 dan untuk dewasa dari Rp 3.500 dan seterusnya tergantung jauh tidaknya lokasi. 

Rumah sakit umum dan beberapa puskesmas juga telah tersedia. Bahkan tempat untuk nongkrong atau tenpat minum kopi kekinian juga mulai ada di Tahuna. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 35 ribu. Jalan raya di Tahuna pun sebagian besar sudah beraspal dan dapat dilalui dua kendaraan roda empat.

"Kalau mau ke tempat rekreasi bisa sewa motor atau mobil. Untuk motor itu sewa mulai dari Rp 75 ribu dan mobil Rp 500 ribu sudah sama supir," ujar salah seorang warga Tahuna.

Dia menyebut seringkali wisatawan mancanegara sudah mulai berdatangan ke Tahuna. Wisata menyelam ataupun berenang di laut menjadi favoritnya. "Di dekat pelabuhan itu ada kapal karam zaman Jepang, banyak yang ke sana," ucapnya.(*)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved