6 Benda yang Dilarang Masuk ke Kabin Pesawat

beberapa daftar barang yang dilarang masuk kabin pesawat karena sejumlah alasan yang masuk akal dan berlaku secara internasional, termasuk Indonesia.

Editor: muhammad irham
Tribun News
Ilustrasi dalam kabin pesawat. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bagi kamu yang jarang menggunakan moda transportasi pesawat, hal ini tentu seringkali terlewat, yang membuat kamu diharuskan untuk meninggalkan beberapa barang ketika berhadapan dengan pengecekan bandara.

Nah, sebuah lembaga bernama International Civil Aviation Organization (ICAO) yang berada di bawah pengawasan PBB yang bertugas dalam mengembangkan prinsip dan teknik mengenai navigasi udara internasional, telah menetapkan beberapa daftar barang yang dilarang masuk kabin pesawat karena sejumlah alasan yang masuk akal dan berlaku secara internasional, termasuk Indonesia.

Maka dari itu, agar tidak salah dan menghambat perjalananmu ketika menggunakan moda transportasi udara, ada baiknya jika mengetahui beberapa barang yang dilarang masuk kabin pesawat. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama-sama.

Barang yang Dilarang Masuk Kabin Pesawat

Dilansir dari berbagai sumber, beberapa barang yang dilarang masuk kabin pesawat antara lain adalah sebagaimana berikut ini:

1. Benda Tajam

Barang yang dilarang masuk kabin pesawat yang pertama adalah benda tajam dalam bentuk apapun, guna menghindari hal-hal berbahaya yang mengancam keselamatan para penumpang juga aktivitas penerbangan secara keseluruhan.

Peraturan mengenai benda tajam ini terbilang lumayan ketat, bahkan barang-barang kecil seperti gunting kuku, pisau silet, hingga gunting kecil pun bisa langsung disita oleh petugas jika terlihat ada di dalam bagasi kabin.

Oleh karena itu, apabila kamu harus membawa barang-barang tersebut, ada baiknya jika langsung dimasukkan ke dalam bagasi ketika check in, dan jangan nekad untuk dibawa ke dalam bagasi kabin.

Akan tetapi, terdapat pula sejumlah benda yang diperbolehkan, selama memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Contohnya seperti benda yang dibutuhkan pada saat olahraga.

2. Benda Cair

Barang yang dilarang masuk kabin pesawat selanjutnya adalah berbagai benda yang mengandung cairan, seperti sabun, shampoo, dan parfum.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved