Oleh-oleh yang Bisa Kamu Bawa Pulang Saat Berlibur di Bitung

Ada banyak jenis oleh-oleh yang bisa Anda peroleh di daerah penghasil tuna tersebut. Mulai dari makanan, hingga kaos oblong.

Editor: muhammad irham
int
Cakalang Fufu adalah salah satu oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang saat berkunjung ke Bitung 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Traveling ke Kota Bitung, Sulawesi Utara, jangan lupa membawa pulang oleh-oleh khas daerah itu. 

Ada banyak jenis oleh-oleh yang bisa Anda peroleh di daerah penghasil tuna tersebut. Mulai dari makanan, hingga kaos oblong.

So, penasaran apa saja yang menjadi oleh-oleh dari kota ini? Nah, berikut ada daftar oleh-oleh khas Bitung yang bisa kamu coba. 

1. Cakalang Fufu

Apakah nama ini begitu asing di telinga? Atau sudah akrab? Cakalang fufu merupakan makanan khas daerah Minahasa, Sulawesi Utara.

Terbuat dari ikan cakalang yang dibumbui dengan bahan-bahan khusus, kemudian dimasak dengan cara diasap. Karena proses olahannya tersebut, ikan ini sangat cocok jika dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Jika ingin menyantapnya, kita cukup memanaskan dengan cara digoreng. Lalu, selanjutnya dimakan sebagai lauk bersama nasi juga sambal. Wuiihhh.....sedap! Kamu bisa mendapatkan cakalang fufu dengan harga 35.000 sampai 65.000 rupiah.

2. Halua Kenari

Daerah Minahasa atau Indonesia bagian Timur memiliki pohon-pohon kenari. Tidak heran jika disana sering dijumpai kenari.

Sehingga, masyarakat memiliki inisiatif untuk mengubah kenari menjadi camilan khas oleh-oleh di daerah mereka. Termasuk di kota Bitung. Salah satunya adalah halua kenari, merupakan makanan yang terbuat dari olahan kenari dicampur dengan gula merah.

Sekilas seperti gula-gula kacang, rasanya pun tidak kalah gurih. Apalagi rasa manis yang begitu terasa di lidah. Menjadikan halua kenari ini sangat recomended sebagai oleh-oleh dan menemani waktu santai. Harga yang dibandrol pun bervariasi antara 10.000 sampai 45.000 ribu rupiah.

3. Pala Manis

Orang sering menggunakan biji pala sebagai bahan rempah-rempah untuk masakan mereka. Rasa masakan yang dihasilkan pun begitu nikmat setelah dicampur dengan biji pala.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved