Kisah WNI yang Memutuskan Jadi Warga Negara Jepang, Sukanya Banyak Dukanya Tidak Ada

Ia pindah jadi warga Jepang setelah menikahi seorang wanita Jepang bernama Hiromi Kashiki

Editor: muhammad irham
int
Refa Kashiki dan istrinya Hiromi Kashiki 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Refa, seorang pria asal Semarang, Jawa Tengah, bikin heboh jagat maya. Hal itu lantaran ia memutuskan pindah kewarganegaraan dari Indonesia ke Jepang

Ia pindah jadi warga Jepang setelah menikahi seorang wanita Jepang bernama Hiromi Kashiki. Ia pun mengubah namanya dengan menambahkan Kashiki di belakang namanya.

Pertemuan dua insan beda negara ini bermula ketika  Refa ditunjuk untuk bekerja sebagai sopir forklift di Fukuyama Transport, Jepang pada tahun 2009 silam.

Mereka pun menyelenggarakan acara pernikahan di balai kota Osaka, Jepang pada 2012.

Namun kehidupan mereka tiba-tiba berubah menjadi sulit saat ayah mertuanya meninggal dunia.

Refa pun kesulitan karena berstatus WNI dan akhirnya memutuskan mengubah kewarganegaraannya demi mengurus keluarga.

"Masalahnya rumit, kalau semua orang di Jepang haknya susah sekali. Kalau bukan orang Jepang itu hak-haknya tidak ada. Alasanku pindah negara Jepang, untuk melindungi keluarga," kata pria yang kini aktif sebagai YouTuber itu seperti dilansir Wollipop.

"Misalnya orang luar negeri yang berantem dengan orang Jepang, pasti langsung dideportasi. Bukan masalah nasionalis. Aku kepengen bertanggung jawab dengan keluargaku," sambungnya.

Pria berusia 39 tahun ini pun mengaku pindah kewarganegaraan itu tidaklah mudah. Ia harus menunggu selama dua tahun sebelum resmi menjadi warga negara Jepang.

"Susahnya di situ, selama dua tahun itu nggak boleh berbuat yang aneh-aneh. Nggak boleh keluar dari negara Jepang. Untungnya aku nggak pernah ke luar negeri," katanya.

Namun, penantian itu pun berbuah manis. Kini Refa bisa mengurus keluarga kecilnya di Jepang. Refa pun menceritakan apa saja keuntungan yang ia rasakan setelah jadi warga negara Jepang.

"Sukanya banyak, dukanya jujur gak ada. Jika ada orang pendatang itu malah tingkah lakunya biasa aja ngerti kita nggak bisa berbicara bahasa Jepang. Begitu tahu aku sudah orang Jepang malah lebih cerewet dan lebih dekat," tuturnya.

Sembari bekerja di supir forklift Fukuyama Transport, Refa kini eksis sebagai YouTuber. Dia membuat beragam konten mulai dari kuliner, memperkenalkan budaya Jepang dan daily vlog bersama istrinya. Kini akun Youtubenya dengan nama refa kashiki sudah mempunyai 161 ribu subscribers.(*)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved