5 Makanan Pokok Warga Sangihe Pengganti Beras

Nasi (atau beras sebelum dimasak) saat ini sudah menjadi makanan pokok sehari-hari masyarakat Indonesia.

Editor: muhammad irham
int
Nasi Putih 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Nasi (atau beras sebelum dimasak) saat ini sudah menjadi makanan pokok sehari-hari masyarakat Indonesia.

Namun, bagi sebagian masyarakat di belahan bumi timur Indonesia, mereka kurang mengenal nasi.

Bicara soal makanan, Sangihe juga sama seperti Manado yang berlimpah makanan enak. Ini beberapa makanan khas Sangihe yang unik dan enak. 

 1. Humbia (Sagu)

Sagu merupakan makanan utama orang sangihe sebagai pengganti nasi, makanan ini bisa lebih enak dimakan waktu masih panas apabila dicampur dengan parutan kelapa (lauwango). Tapi ada sebagian orang juga suka makan sagu kalau sudah dingin, mereka menyebutnya humbia keti ( sagu keras) ada yang dicelup di kopi sebelum dikunyah. Khas banget sih, buat masyarakat Indonesia Timur khususnya Sangihe. Sudah pernah coba, belum?

  
 2. Bungkahe (Singkong) 

Singkong biasanya diolah sebagai pendamping sayuran dan dikonsumsi bersama nasi. Padahal, singkong sendiri sudah bisa menggantikan peran nasi, lho. Selain mengkonsumsi sagu, masyarakat Sangihe juga mengenal adanya nasi singkong.

Usai dimasak, nasi singkong dikonsumsi layaknya nasi biasa, dengan sayur dan lauk lain. Dan Singkong dapat dimasak dengan berbagai menu, seperti keripik singkong, kolak singkong, bisa juga hanya direbus biasa sebagai pengganti nasi.

Selain baik untuk pengganti nasi, jagung juga memiliki manfaat yang tidak kalah pentingnya. Pigmen warnanya bermanfaat bagi kesehatan mata dan melindungi paru-paru.

 3. Kole (Talas)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved