Kimchi, Makanan Khas Orang Korea Saat Musim Dingin

Salah satu ciri khas dari makanan ini adalah rasanya asam. Uniknya meski rasanya super asam, namun orang Korea tidak pernah bisa lepas dari makan ini

Editor: muhammad irham
int
Kimchi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Jalan-jalan ke Korea tentu sangat menyenangkan. Apalagi jika dilakukan bersama orang-orang terdekat. 

Nah berbicara mengenai Korea, tentu tidak terlepas dari kuliner khasnya. Salah satunya adalah KimchiKimchi adalah salah satu makanan tradisional ala Korea bukan hanya Korea Selatan tapi juga Korea Utara.

Salah satu ciri khas dari makanan ini adalah rasanya yang asam. Uniknya meski rasanya super asam, namun orang Korea tidak pernah bisa lepas dari makanan satu ini. Selain itu, kimchi ternyata juga menyimpan sejarah tersendiri bagi orang Korea. Sejarah seperti apa sih?

1. Kimchi dibuat untuk mencegah kelaparan di musim dingin

Seperti yang kita ketahui, Korea adalah negara dengan empat musim. Di saat musim tertentu, terutama musim dingin tanaman tidak akan tumbuh dan orang-orang akan kekurangan pasokan makanan terutama makanan yang terbuat dari sayur-sayuran.

Agar tidak kelaparan, orang Korea kemudian menyediakan makanan cadangan yang mereka simpan untuk dimakan di musim dingin.

2. Bukan merah, kimchi awalnya justru berwarna putih

Kimchi sendiri pertama kali muncul di masa tiga kerajaan besar di Korea pada tahun 37 SM - 7 M. Dulu kimchi tidak berwarna merah, dan hanya terbuat dari lobak yang diasinkan dengan kecap asin. Penambahan aneka sayuran baru pada abad ke 9 hingga tahun 1392, berbagai sayuran ditambahkan.

Kimchi merah baru muncul di tahun 1952, ketika tentara Amerika datang membantu warga Korea bebas dari pendudukan Jepang. Para tentara Amerika itu membawa bubuk cabe yang kemudian jadi bahan utama dalam membuat kimchi.

3. Agar tetap awet, kimchi dikubur di dalam tanah

Sama seperti tempe, kimchi adalah makanan fermentasi. Karena zaman dulu tidak ada lemari es yang digunakan untuk menyimpan kimchi, orang Korea memasukkan kimchi ke dalam pot tanah liat dan menguburnya di dalam tanah.

Meski terdengar aneh, tapi tanah akan menjaga agar suhu kimchi tetap konsisten dan membuat makanan ini tetap enak. Tanah Baru digali ketika musim dingin tiba agar kimchi bisa dimakan bersama keluarga.

4. Kimchi disesuaikan dengan musim

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved