7 Kuliner Khas Manado yang Bisa Jadi Oleh-oleh

Jika sudah puas jalan-jalan dan wisata kuliner, ada kegiatan wajib terakhir yang menjadi penutup liburan. Ya! Membeli oleh-oleh.

Editor: muhammad irham
Instagram/
Klapertaart 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kota Manado, Sulawesi Utara, terkenal dengan kulinernya yang lezat. Inilah salah satu alasan banyak wisatawan yang datang ke kota ini, merasa kangen dan akan selalu kembali ke Manado.

Jika sudah puas jalan-jalan dan wisata kuliner, ada kegiatan wajib terakhir yang menjadi penutup liburan. Ya! Membeli oleh-oleh.

Ada banyak oleh-oleh khas Manado dalam bentuk makanan yang terkenal enak dan menjadi favorit masyarakat Indonesia. Berikut tujuh rekomendasinya.

Membawa pulang oleh-oleh rasanya sudah menjadi tradisi yang ditunggu teman atau keluarga saat kita pergi liburan. Jika kamu pergi ke Manado, ada banyak makanan khas enak yang akan buat kamu bingung memilih salah satunya.

Pilihan oleh-oleh makanan khas Manado ini mungkin akan membantu kamu!

1. Sambal Roa

Karena Kota Manado memiliki hasil laut yang melimpah, oleh-oleh khas wilayah pesisir ini tentu saja paling banyak adalah makanan olahan ikan. Salah satunya adalah sambal roa yang bahan utamanya ikan roa.

Oleh-oleh paling laris di Manado ini dibuat dengan cara pengasapan lalu ikan dihaluskan dan dimasak bersama bumbu sambal. Sambal roa dapat disimpan hingga enam bulan di dalam ruangan dan mencapai satu tahun jika disimpan di dalam kulkas. Sambal ini enak banget dimakan dengan nasi panas!

2. Panada

Makanan ringan mirip pastel ini punya cita rasa yang berbeda. Jika pastel berisi wortel, sayur, dan telur, panada berisi pepaya muda yang dicampur dengan ikan cakalang pedas.

Tekstur panada juga lebih tebal dibanding pastel yang tipis.  Camilan ini bisa banget dijadikan oleh-oleh, apalagi harganya cukup murah. Satu panada bisa dibeli dengan harga berkisar Rp3.000 rupiah saja.

3. Klapertart

Buat yang suka manis, kamu bisa memilih klapertart sebagai buah tangan. Kue khas Belanda ini masih menjadi dessert favorit di Manado karena rasanya yang unik. Kue dengan tekstur lembut ini terbuat dari bahan dasar kelapa, susu, tepung terigu, telur ayam, mentega, kismis, dan kayu manis.

Harga klapertart tergantung seberapa besar loyang atau cup-nya. Mulai dari Rp25.000 hingga Rp200.000 dapat kamu sesuaikan dengan ukuran kemasan yang dipilih. Klapertart dapat bertahan hingga 12 jam asal dibungkus dalam wadah yang rapat dan disimpan dalam suhu dingin.

4. Pia Amurang

Pia amurang dapat menjadi oleh-oleh makanan yang kering buat kamu yang tidak mau ribet dengan makanan yang basah. Pia ini merupakan hasil dari akulturasi antara kebudayaan Tionghoa dengan Manado.

Seperti pia pada umumnya, pia amurang berisi kacang hijau dengan rasa yang manis. Pia amurang ini dapat bertahan hingga 3 bulan dalam suhu ruangan, jadi aman banget untuk oleh-oleh!

5. Halua Kenari

Sama seperti ampyang, namun oleh-oleh ini terbuat dari kacang kenari. Seperti namanya, halua kenari merupakan kacang yang dilapisi oleh gula merah cair. Tidak sulit menemukan camilan ini karena kamu bisa menemukannya di berbagai sudut toko yang tersebar di Manado.

Harga camilan ini berkisar Rp10.000 hingga Rp40.000 dan cocok untuk dinikmati bersama teh atau kopi.

6. Cakalang Fufu

Buat yang suka dengan makanan pedas seperti panada, kamu juga bisa membeli ikan cakalang asap yang disebut dengan cakalang fufu. Proses pengasapan ini membuat ikan menjadi lebih awet dan aman untuk kamu bawa dalam perjalanan. Harga cakalang fufu berkisar Rp35.000 hingga Rp65.000 rupiah.

7. Pala Manis

Manisan pala merupakan salah satu kudapan khas Manado yang pas untuk oleh-oleh. Makanan ini biasa dijadikan camilan masyarakat Manado sehingga mudah mendapatkannya. Pala manis dijual dengan harga rata-rata Rp40.000 per kemasan.(*)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved