Menjelajahi Keindahan Pulau Mahoro, Pulau Kecil Nan Cantik di Sulawesi Utara

Pulau Mahoro merupakan pulau kecil yang berada dalam cluster Buhias. Sebuah pulau nan eksotis dengan pasir putihnya yang begitu mempesona.

Editor: muhammad irham
int
Pulau Mahoro 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Apa yang muncul di pikiran Anda ketiak mendengar wisata bahari di Sulawesi Utara? Pastinya Taman Laut Bunaken. Ya, taman laut itu memang sangat populer di kalangan traveler, namun Anda harus tahu bahwa masih banyak titik wisata bahari tersebar di kabupaten-kabupaten Nusa Utara yang tidak kalah indahnya.

Nusa Utara adalah wilayah yang mencakup tiga kabupaten kepulauan di bagian ujung utara Sulawesi. Ketiga kabupaten kepulauan itu antara lain Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud. Dulunya tiga kabupaten ini tergabung dalam Kabupaten Sangihe Talaud sebelum dimekarkan.

Di Kabupaten Sitaro sendiri tersimpan banyak potensi wisata bahari, salah satunya adalah Pulau Mahoro dan pulau-pulau di sekitarnya. Pulau Mahoro merupakan pulau kecil yang berada dalam cluster Buhias. Sebuah pulau nan eksotis dengan pasir putihnya yang begitu mempesona.

Cluster Buhias sendiri merupakan cluster yang terdiri dari rangkaian beberapa pulau seolah tercampakkan di lautan yang mengepungnya. Beberapa pulau sebagian tak berpenghuni, termasuk Pulau Mahoro. Demikian pula pulau-pulau karang lainnya yang menonjol ke permukaan laut, juga tak berpenduduk.

Pulau Mahoro sendiri merupakan titik paling timur dari cluster Buhias, sehingga menjadikan pulau ini semacam benteng bagi pulau-pulau lainnya. Salah satu sisinya langsung berhadapan dengan lautan bebas yang membuat dinding-dinding batunya terhantam ombak.

Sementara di sisi lainnya menjadi begitu tenang, setenang air dalam kolam, karena di depannya terhampar beberapa pulau yang memagari.

Pulau indah ini menjadi tempat sangat indah untuk menikmati pemandangan Gunung Api Karangetang yang dijuluki sebagai The Real Volcano, karena aktivitasnya sepanjang tahun tersebut.

Apalagi jika menanti siraman sinar sunrise ketika menerangi Karangetang. Demikian pula dari pulau Mahoro juga sangat baik untuk menanti sunset yang tenggelam di balik beberapa pulau di depannya.

Keindahan Mahoro telah mampu membuat takjub beberapa pelancong yang datang ke pulau itu. Sebut saja Travel Photographer Professional, Ebbie Vebri Adrian yang sudah mendatangi lebih dari 2.000 destinasi wisata di Indonesia.

“Jika saya diminta membuat daftar 10 pantai terbaik di Indonesia, maka pantai Pulau Mahoro masuk dalam daftar tersebut,” ujarnya ketika menginjakkan kaki pertama kali di pulau Mahoro beberapa waktu lalu.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved