Terumbu Karang Ini Hanya Ada di Bunaken, Penasaran?

Keindahan Taman Laut Bunaken adalah alasan utama kenapa tempat ini disukai. Tak heran kalau tempat cantik tersebut dijadikan sebagai ikon wisata

Editor: muhammad irham
int
Salah satu pemandangan bawah laut di Taman Laut Bunaken 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Taman Laut Bunaken terdapat di  Teluk Bunaken, Manado, Sulawesi Utara. Tempat ini memiliki magnet unik yang mampu membuatnya sangat terkenal di kalangan traveler dunia.

Keindahan Taman Laut Bunaken adalah alasan utama kenapa tempat ini disukai. Tak heran kalau tempat cantik tersebut dijadikan sebagai ikon wisata oleh pemerintah Manado.

Kelebihan yang dimiliki tempat ini nggak sebatas keindahan panoramanya saja lho. Masih ada hal unik yang wajib kamu ketahui lebih dalam lagi. Apa saja ya?

Supaya nggak penasaran, yuk simak fakta keindahan Taman Laut Bunaken berikut ini.

1. Segitiga Emas Terumbu Karang

Taman Laut Bunaken ternyata berada di Segitiga Terumbu Karang Dunia yang tersebar dari Indonesia, Malaysia, Filipina, hingga kepulauan Solomon.

Pantas saja kalau kita bisa melihat ratusan spesies terumbu karang di taman laut ini. Istimewanya lagi, jenis terumbu karang langka juga bisa kamu jumpai di sana.

Underwater Great Walls atau Hanging Walls menjadi primadona utama yang ada di taman ini. Sulit untuk menemukannya di laut manapun.

Tembok karang raksasa tersebut memiliki bentuk vertikal dengan bagian atas yang melengkung. Soft coral yang berwarna-warni juga ada di sana. Inilah yang membuat spot tersebut terlihat sangat cantik. Sebab, koral tersebut merupakan tempat hidup para ikan cantik.

2. Spot Menyelam Terbaik di Indonesi

Tak perlu kaget melihat banyak wisatawan yang melakukan aktivitas seperti snorkeling atau diving di Bunaken. Tempat ini memang disebut-sebut sebagai salah satu destinasi menyelam terbaik di Indonesia.

Ada puluhan spot yang jadi titik penyelaman terbaik di taman laut ini. Namun, yang paling jadi favorit adalah Bunaken Timur, Mandolin, Reruntuhan Kapal, dan Puncak Barakuda. Pesona bahari di sudut ini selalu bisa membuat siapa pun terpukau dan tercengang.

Nggak bisa berenang? Tenang. Kamu tetap bisa kok melihat keindahan Taman Laut Bunaken dengan perahu semi selam berdinding kaca yang ada di sana.  Fasilitas tersebut tentu bisa membuat pengunjung dari semua lapisan masyarakat merasa nyaman saat menikmati destinasi wisata alam tersebut.

3. Situs Warisan Dunia UNESCO

Taman Laut Bunaken ini ditemukan sekitar tahun 1975 oleh Nusantara Diving Club (NDC). Kawasan dengan luas 75.265 ha ini baru benar-benar diresmikan sebagai taman laut pertama di Indonesia pada tahun 1991.

Semakin lama, pengunjung yang datang ke tempat ini kian bertambah. Selain traveler, kalangan peneliti biota laut juga selalu datang ke sana. Hingga akhirnya UNESCO pun menetapkan surga bawah laut in sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2005. Tujuannya tentu saja agar keindahan dan kelestarian taman tersebut senantiasa terjaga.

4. Tempat Spesies Fauna Laut yang Unik dan Langka

Nggak cuma terumbu karang, Bunaken juga dikenal sebagai tempat hidup fauna laut yang unik dan langka. Ada 3000 jenis ikan, reptil, moluska, dan mamalia laut yang hidup di sana.

Kalau dihitung-hitung, berarti lebih dari 50% spesies ikan yang ada di Bunaken . Kalau kamu beruntung, kamu bisa lho berjumpa dengan penyu hijau, ikan barakuda, ikan pari elang, ikan purba raja laut, hingga lumba-lumba di taman laut ini.(*)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved