Mengenal Palung Mariana, Palng Terdalam di Bumi yang Berhasil Ditaklukkan Ilmuan China

Ini adalah bagian dari sistem palung Samudra Pasifik bagian barat yang bertepatan dengan zona subduksi.

Editor: muhammad irham
wikipedia
Ilustrasi Palung Mariana 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Palung Mariana atau juga bisa disebut Palung Marianas adalah palung laut di dasar Samudra Pasifik Utara bagian barat. Palung yang tak jauh dari Jepang ini merupakan palung laut terdalam di bumi.

Sebagian besar palung terletak di timur dan selatan Kepulauan Mariana. Ini adalah bagian dari sistem palung Samudra Pasifik bagian barat yang bertepatan dengan zona subduksi.

Zona subduksi terjadi pada batas lempeng konvergen yang diapit dua buah lempeng atau lebih saling bertemu dan terjadi penunjam antar lempeng sehingga menghasilkan produk baru.

Zona subduksi dapat terjadi baik antar dua lempeng benua, dua lempeng Samudra maupun antara lempeng benua dan Samudra.

Palung Mariana membentang lebih dari 1.580 mil atau sekitar 2.540 kilometer dengan lebar rata-rata 43 mil atau 69 kilometer, seperti dikutip Science Direct.

Palung Mariana sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1875. Palung ditemukan dengan memanfaatkan peralatan suara pada HMS Challenger.

Ekspedisi Challenger dari tahun 1872 hingga 1876 adalah revolusioner di bidang oseanografi.

Beberapa titik parit lebih dari yang lain, dengan bagian terdalam disebut Challenger Deep. Itu dinamai untuk dua kapal yang telah menjelajahi kedalamannya dengan peralatan sounding, HMS Challenger dan HMS Challenger II.

Ilmuwan Jacques Piccard dan Letnan Angkatan Laut A.S. Don Walsh merupakan orang pertama dan kedua yang mencapai Challenger Deep dengan kapal yang dalam. Hal ini terjadi pada tahun 1960.

Air di sana cenderung berkisar antara 34 hingga 39 derajat Fahrenheit karena tidak ada sinar matahari.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved