Menikmati Keheningan di Pulau Tumbak yang Mempesona

Di Sulut, yang terkenal adalah Taman Laut Bunaken, Pulau Siladen, hingga Danau Tondano yang memukau.

Editor: muhammad irham
zoom-inlihat foto Menikmati Keheningan di Pulau Tumbak yang Mempesona
int
Pulau Tumbak di Sulawesi Utara

TRIBUNMANADO.CO.ID - Provinsi Sulawesi Utara kaya akan objek wisata yang banyak disukai oleh wisatawan. Tak heran, objek wisata di Sulut selalu ramai pengunjung. 

Di Sulut, yang terkenal adalah Taman Laut Bunaken, Pulau Siladen, hingga Danau Tondano yang memukau.

Salah satu objek wisata yang juga ramai dikunjungi wisatawan adalah, Pulau Tumbak.

Pulau Tumbak menyuguhkan berbagai aktivitas wisata bahari, mulai dari memancing, snorkeling, hingga diving.

Pulau kecil ini secara administrasi masuk ke dalam wilayah Desa Tumbak, Sulawesi Utara bagian tenggara. Untuk mencapai lokasi pulau ini, dari pusat Kota Manado menempuh jarak sekitar 90 km atau menghabiskan waktu sekitar 3 jam perjalanan darat. 

Melewati Jalan Poros Manado-Tomohon, saat mencapai pertigaan di ujung Jalan Ratahan, kendaraan diarahkan ke kiri memasuki Jalan Wioli, menembus hutan dengan akses jalan yang tidak terlalu bagus dan semakin sempit.

Ketika sampai di Desa Tumbak, perjalanan kemudian dilanjutkan dengan menggunakan perahu. Jasa sewa perahu banyak dijumpai di dermaga Desa Tumbak, mengingat di desa tradisional ini kebanyakan penduduk berprofesi sebagai nelayan dan membuka jasa penyewaan perahu.

Karena lokasi Pulau Tumbak yang tidak terlalu jauh dari dermaga, untuk mencapai pulau tersebut hanya memakan waktu sekitar 10 menit menggunakan perahu motor nelayan.

Nama Pulau Tumbak diberikan mengingat lokasinya yang berdekatan dengan Desa Tumbak. Tumbak sendiri merupakan akronim dari Tumbuhan Bakau yang luasnya mencapai 1 hektare dan mendominasi sebagain besar wilayah desa ini.

Berbeda dengan Desa Tumbak, Pulau Tumbak tidak berpenghuni dan mempunyai luas kurang dari 1 hektare.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved