8 Peralatan Penting yang Harus Dibawa Saat Traveling dengan Mobil Pribadi

Dari sisi keuangan, hal ini jauh lebih hemat dibandingkan membeli tiket transportasi umum yang harganya sudah naik hingga dua-tiga kali lipat

Editor: muhammad irham
int
Ilustrasi liburan dengan mobil pribadi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bepergian dengan kendaraan pribadi seperti mobil semakin diminati dan menjadi pilihan utama, khususnya bagi Anda yang telah berkeluarga.

Dari sisi keuangan, hal ini jauh lebih hemat dibandingkan membeli tiket transportasi umum yang harganya sudah naik hingga dua-tiga kali lipat dari harga normal.

Di sisi lain, berlibur dengan mobil juga menimbulkan risiko stres karena macet yang panjang akibat  banyaknya orang yang berlibur di akhir pekan.

Tidak jarang, untuk menghindari kemacetan panjang, beberapa orang justru memilih liburan di waktu hari kerja atau saat low season.

Agar perjalanan Anda terasa nyaman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya jika Anda menyiapkan barang-barang penting untuk perjalanan Anda.

Simak daftar benda yang wajib ada di mobil: 

1. Ban Serep dan Dongkrak

Simbiosis mutualisme berlaku untuk kedua benda ini. Ban serep akan tidak berguna jika tanpa dongkrak, begitu pun sebaliknya dongkrak hanya dapat digunakan pada saat Anda mengganti ban mobil Anda.

Pastikan benda ini ada di mobil Anda, untuk mengatasi pecah ban atau bocor di jalan. 

2. Toolkit

Sama seperti Ban serep dan dongkrak. Benda ini akan Anda butuhkan ketika mobil Anda mengalami masalah di tengah perjalanan. Pilihlah toolklit yang sesuai dengan kendaraan yang Anda gunakan.

3. Charger Mobil

Sudah  menjadi rahasia umum jika charger menjadi kebutuhan utama masyarakat modern sekarang ini. Terlebih jika smartphone yang Anda gunakan memiliki fitur-fitur canggih serta layar beresolusi tinggi, tentu akan menghabiskan lebih banyak daya baterai.

Maka dari itu, charger atau colokan listrik di dalam mobil menjadi hal yang wajib ada saat Anda menggunakan mobil.

4. Alat Navigasi

Jika mobil Anda tidak dilengkapi dengan GPS. Jangan khawatir Anda bisa menggunakan aplikasi GPS yang ada di smartphone Anda. Alat ini akan sangat membantu Anda selama perjalanan.

Beberapa aplikasi bahkan menyediakan informasi daerah mana saja yang macet dan menyediakan rute yang paling efisien untuk perjalanan Anda.

5. Kotak P3K

Obat-obatan menjadi hal terpenting yang  harus ada dalam mobil Anda. Terutama untuk Anda yang bepergian dengan anak kecil, persediaan obat-obatan seperti minyak kayu putih, balsem bayi, losion nyamuk hingga termometer hal yang wajib Anda bawa sebagai langkah antisipasi terhadap hal-hal yang tidak terduga.

6. Kunci Setir

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved