Suka Sarapan dengan Bubur Kacang Hijau? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Ada berbagai macam menu sarapan, mulai dari susu, roti, nasi, bubur ayam, bahkan bubur kacang hijau

Editor: muhammad irham
int
bubur Kacang Hijau 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ada berbagai macam menu sarapan, mulai dari susu, roti, nasi, bubur ayam, bahkan bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau memang nikmat disantap saat memulai hari sebelum beraktivitas.

Kacang hijau mengandung vitamin, mineral, dan enzim yang bermanfaat bagi tubuh, sehingga baik untuk orang yang sedang program diet.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 100 gram kacang hijau rebus mengandung 7,02 gram protein, 19,15 gram karbohidrat, termasuk 2 gram gula, 7,60 gram serat makanan. Kacang hijau juga merupakan sumber vitamin B yang baik yang diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh dan menjaga kesehatan otak.

 Secara khusus, kacang hijau adalah sumber vitamin B-9 yang sangat baik. Kacang hijau dikenal sebagai folat. Folat sangat penting sebelum dan selama kehamilan.

Dikutip dari Medical News Today, berikut ini manfaat yang didapat dari sarapan kacang hijau.

1. Kaya vitamin C

Dengan mengkonsumsi satu mangkuk bubur kacang hijau sudah memenuhi sekitar seperempat dari kebutuhan vitamin C harian tubuh. Ini bisa membantu imunitas lebih kuat dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh dan saraf.

2. Baik untuk jantung

Selain vitamin C, ada juga vitamin A, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, serta potasium yang bisa menyehatkan pembuluh darah. Kacang hijau juga mengandung antioksidan seperti flavonoid dan rendah kolesterol yang bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah, sehingga jantung bisa terhindar dari berbagai penyakit.

3. Bikin mata sehat

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved