10 Oleh-oleh Khas Manado yang Bisa Anda Borong di Sulawesi Utara

Mulai dari camilan manis hingga bumbu masakan pelengkap  makanan pokok

Editor: muhammad irham
Instagram/
Klapertaart 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Anda tentu tak ingin pulang membawa tangan kosong, banyak buah tangan yang bisa Anda beli di Manado. Mulai dari camilan manis hingga bumbu masakan pelengkap  makanan pokok, Manado menyediakan sederet oleh-oleh yang dapat ditemukan di toko oleh-oleh khas Manado.

Sepuluh daftar makanan khas Manado yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh terangkum secara lengkap di bawah.

Tak perlu kebingungan lagi menentukan mana yang harus Anda bawa pulang untuk diberikan kepada keluarga dan teman dekat.

1. Dodol Amurang

Manado memiliki dodol khas tersendiri yang diproduksi di Minahasa Selatan. Terbuat dari gula aren, beras, minyak kelapa murni, kacang dan kayu manis. Adonan kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus dengan suhu sekitar 120 derajat.

Sering dijadikan sebagai menu wajib di upacara adat tasyakuran masyarakat Manado, sekarang Anda bisa menemukan Dodol Amurang di hampir semua toko oleh-oleh khas Manado.

2. Cakalang Pampis

Berbahan dasar ikan cakalang fufu yang disuwir-suwir dan dipadukan dengan bumbu rempah khas Manado membuat oleh-oleh ini sering dipilih untuk dijadikan buah tangan.

Cakalang Pampis memiliki rasa yang khas dan enak sehingga dapat dijadikan sebagai lauk pendamping nasi ataupun dijadikan camilan ringan.

3. Ikan Roa

Ikan roa merupakan jenis ikan terbang yang menjadi oleh-oleh bahari khas Manado selain ikan cakalang. Teksturnya alot, bahkan cenderung keras ketika dipegang. Seringkali ikan roa ditumbuk kemudian dimasak dengan rempah dasar untuk menjadi menu yang enak disantap.

Anda tak perlu susah payah membeli kemudian menumbuknya sendiri. Sudah tersedia versi ikan roa yang telah ditumbuk dan dimasak dalam bentuk rica-rica ikan roa. Satu porsinya umumnya dibanderol harga antara 35.000 hingga 50.000 rupiah.

4. Klappertart

Merupakan kue asli Belanda yang dimodifikasi oleh masyarakat Manado dengan sentuhan budaya lokal. Klappertart terbuat dari air kelapa, gula, susu, dan tepung. Kue ini memiliki rasa yang nikmat dan gurih.

Terdapat beberapa tambahan bumbu untuk menambah kelezatan Klappertart, seperti kismis, serbuk kayu manis, keju dan kacang kenari. Selain lezat, klappertart bisa mengurangi pengeroposan tulang karena kadar susu yang tinggi. Harga klappertart dipatok berdasar ukuran kemasan yang dipilih, mulai dari 25.000 sampai 200.000 rupiah.

5. Pisang Goroho

Memiliki kadar gula rendah sehingga cocok untuk pengidap diabetes, pisang goroho sering diburu wisatawan yang berkunjung ke Manado.

Umumnya pisang ini akan digoreng tipis-tipis menyerupai keripik untuk kemudian dimakan bersama sambal atau rica ikan roa. Anda juga bisa memakannya langsung ketika pisang ini sudah matang.

6. Kacang Goyang

Seperti namanya, kacang goyang dibuat dari bahan dasar kacang tanah. Proses pembuatannya mengharuskan kacang ini dicampur dengan cara digoyang-goyang. Camilan ini hampir mirip dengan kacang atom yang balutannya terbuat dari tepung terigu dan gula.

Ada di hampir seluruh prosesi hajatan masyarakat Manado, kacang goyang bisa Anda temukan di sentra oleh-oleh di seluruh Manado.

7. Panada

Panada merupakan kue yang berisi parutan pepaya muda yang kemudian dicampur dengan ikan cakalang. Seringkali dimasak dengan cita rasa pedas, bentuknya hampir mirip dengan jalangkote, kue pastel khas daerah Makassar.

Namun jangan salah, panada memiliki tekstur yang unik dan khas cita rasa Manado berupa campuran pedas dan gurih. Biasanya makanan ini dijadikan cemilan bagi wisatawan yang melakukan perjalanan wisata di Manado.

8. Pala Manis

Terbuat dari buah pala yang diiris tipis dan dicampur dengan cairan gula sebagai pemanis, kudapan ringan ini sudah lama menjadi produk impor ke negeri-negeri tetangga, terutama Jiran, Malaysia. Satu bungkusnya dihargai sekitar 40.000 rupiah.

Seiring berkembangnya wisata kuliner di Manado, sudah lazim ditemui pala manis dengan rasa yang berbeda, seperti campuran asam-manis atau pedas-asam. Anda bisa membelinya di berbagai pusat oleh-oleh khas Manado.

9. Cakalang Fufu

Makanan khas Manado ini terbuat dari ikan cakalang yang dijepit, diberi bumbu, diasap dan ditunggu hingga matang. Cakalang fufu dapat dijadikan oleh-oleh walaupun berupa makanan basah. Anda bisa meminta penjual mengemasnya dengan rapi.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved