5 Jenis Sup yang Cocok Dikonsumsi Setelah Melahirkan

Pascamelahirkan, seorang wanita pasti memerlukan nutrisi dan energi ekstra untuk bisa menjalani proses pemulihan dengan cepat

Editor: muhammad irham
int
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pascamelahirkan, seorang wanita pasti memerlukan nutrisi dan energi ekstra untuk bisa menjalani proses pemulihan dengan cepat. Baik melahirkan secara normal ataupun caesar, tubuh wanita membutuhkan dukungan ekstra dalam proses penyembuhan.

Melansir dari laman Healthline, seorang ahli kebidanan, ginekolog, dan urogynecology di Baylor Scott & White Health di Texas Tengah, Rachel High DO mengatakan, seorang wanita pasca melahirkan membutuhkan nutrisi spesifik seperti zat besi, vitamin B-12, dan folat, atau asam folat, untuk membantu proses pemulihan.

Nutrisi tersebut, bisa didapatkan melalui makanan yang dikonsumsi. Salah satunya ialah kaldu. Berdasarkan budaya turun temurun hampir di beberapa belahan dunia, mereka mempercayai kaldu dan sup bisa membantu pemulihan pasca persalinan.

Berikut adalah beberapa pilihan sup yang baik dikonsumsi pasca melahirkan dilansir dari laman Healthline:

1. Sup Rumput Laut

Di Negeri Ginseng Korea, sup rumput laut identik dikaitkan dengan makanan pasca melahirkan. Orang Korea biasa menyebut makanan ini dengan nama "miyeok guk". Menurut tradisi, sup rumput laut juga dikenal dapat melembabkan, yang sangat penting saat menyusui.

Selain itu, kandungan nutrisi seperti kalsium dapat membantu mencegah keropos tulang yang biasanya berhubungan dengan kehamilan dan persalinan. Kandungan yodium juga bisa membantu perkembangan otak bayi. Selain itu, sup rumput laut juga mengandung serat untuk membantu mencegah sembelit.

Dilengkapi dengan zat besi untuk mencegah anemia dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

2. Sup Ayam

Dalam budaya Meksiko, ibu yang baru melahirkan harus melakukan istirahat selama 40 hari. Periode istirahat itu digunakan untuk makan-makanan bergizi untuk pemulihan, dan mengurus bayi. Alasan lamanya kurun waktu 40 hari tersebut diyakini sebagai waktu yang pas bagi organ reproduksi ibu untuk pulih dan kembali ke bentuk semula setelah melahirkan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved