10 Tips Berwisata di Musim Hujan

Saat musim hujan destinasi wisata alam seperti air terjun, pantai atau perbukitan sebaiknya dihindari

Editor: muhammad irham
int
ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Memasuki liburan akhir tahun tentunya Anda sudah merencanakan travelling Bersama dengan orang – orang terkasih. Namun, bersamaan dengan liburan akhir tahun, musim hujan juga datang.

Hal ini terkadang menjadi kendala bagi Anda untuk menentukan destinasi travelling dan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk tetap melakukan travelling dengan nyaman dan menyenangkan. 

Berikut Tips Traveling di musim hujan

1. Tentukan destinasi wisata yang tidak berhubungan dengan alam

Saat musim hujan destinasi wisata alam seperti air terjun, pantai atau perbukitan sebaiknya dihindari. Selain karena bahaya resiko terjadi bencana  juga untuk menjaga daya tahan tubuh Anda.

Anda dapat memilih travelling ke tempat – tempat bersejarah, kuliner atau kawasan pengrajin di kota tersebut  yang tentunya tidak kalah seru. Selain menambah wawasan juga akan memberikan pengalaman yang tidak didapatkan dari kota lain. Anda juga dapat memilih tempat wisata jenis indoor seperti museum atau pusat perbelanjaan.

2. Pastikan tubuh dalam keadaan fit

Keadaan tubuh yang tidak fit tentunya akan mengganggu kegiatan travelling Anda. Apalagi ditambah musim hujan, pada musim ini tubuh akan lebih mudah terserang penyakit karena daya tahan tubuh melemah yang disebabkan cuaca yang tidak menentu.

Maka dari itu penting untuk membawa vitamin dan mengkonsumsi makanan dan minuman hangat untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Bawa juga minyak kayu putih atau sejenisnya untuk menghangatkan tubuh Anda.

3. Persiapkan perlengkapan yang tepat

Saat memutuskan untuk travelling di musim hujan tentunya persiapan yang harus dilakukan lebih banyak. Karena ketika Anda berkunjung pada tempat – tempat outdoor terdapat beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan.

Contohnya, jas hujan atau payung, bagpack cover untuk melindungi tas Anda, sandal jepit, kantong plastic untuk melindungi barang barang seperti uang, dompet dll, handuk kecil untuk pengganti tisu, dry bag, dan casing underwater untuk melindungi handphone Anda saat melakukan dokumentasi ketika hujan.

Jika Anda menggunakan sepatu maka pilih sepatu yang tahan air.

 
4. Perhatikan ramalan cuaca

Perkiraan cuaca akan sangat membantu Anda untuk menghindari hujan datang ditambah apabila Anda memilih tempat travelling outdoor. Walaupun tidak selalu akurat, ramalan cuaca dapat dijadikan acuan memperkirakan cuaca disaat musim hujan.

Pasang aplikasi perkiraan cuaca untuk memudahkan Anda memperoleh informasi cuaca tempat tujuan travelling Anda. Untuk jaga – jaga tetap bawa perlengkapan traveling saat musim hujan agar kegiatan travelling Anda tetap nyaman.

5. Membawa baju hangat dan pakaian tambahan

Saat musim hujan udara akan semakin dingin, baju hangat ini akan membuat Anda lebih nyaman travelling saat musim hujan. Baju tambahan diperlukan karena terkadang walaupun sudah menggunakan jas hujan/ payung, baju tetap terkena cipratan air.

Atau saat Anda berada dalam outdoor tiba – tiba hujan datang, pakaian tambahan digunakan sehingga Anda terhindar dari pemakaian baju basah yang dapat membuat Anda mudah sakit seperti flu atau masuk angin.

 
6. Action cam jadi alternative

Saat ini sudah banyak action camera yang dilengkapi fasilitas waterproof. Kamera ini dapat dijadikan alternatif untuk mendokumentasikan kegiatan traveling Anda sebagai ganti kamera dslr atau smartphone. Selain itu juga bentuknya yang kecil akan memudahkan Anda dalam membawanya.

 
7. Pilih penerbangan yang tidak memerlukan transit

Apabila Anda travelling menggunakan transportasi udara ini, pilihlah penerbangan yang langsung ke destinasi travelling. Hal ini akan menghemat waktu Anda dan sampai tujuan lebih cepat.

Tentukan jadwal penerbangan sesuai dengan rencana jauh jauh hari untuk menghindari kehabisan tiket pesawat.

 
8. Antisipasi keterlambatan transportasi karena cuaca buruk

Saat cuaca buruk beberapa alat transportasi dapat terlambat datang atau bahkan ditunda. Seperti halnya penerbangan pesawat, seringkali jadwal akan ditunda karena cuaca buruk yang dapat membahayakan penumpang.

Hal ini membuat Anda merasa bosan saat menunggu dan menjadi badmood. Kebosanan dapat Anda antisipasi dengan melakukan beberapa hal yang Anda sukai seperti membaca buku, bermain game atau sekedar keliling area bandara.

Tetapi hal perlu di ingat jangan sampai Anda melalaikan pengumuman pihak penerbangan. Dan justru saat ada pengumuman penting keberangkatan Anda tidak berada ditempat atau terlalu asyik bermain game sehingga tidak mendengar pengumuman.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved