10 Kuliner Khas Warga Manado yang Disajikan Saat Natal

Jelang perayaan Natal, berbagai aktivitas telah dipersiapkan. Mulai dari menghias pohon Natal, hingga menyiapkan aneka kuliner khas Natal.

Editor: muhammad irham
Instagram/
Klapertaart 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Jelang perayaan Natal, berbagai aktivitas telah dipersiapkan. Mulai dari menghias pohon Natal, hingga menyiapkan aneka kuliner khas Natal.

Tidak perlu membuat kue yang rumit prosesnya karena ada kue sederhana yang berasal dari Manado yang bisa dengan mudah dibuat sendiri. Tidak jauh berbeda dengan beberapa daerah lainnya tetapi dari segi cita rasa, kue ini memiliki ciri khas.

Kultur budaya terbuka masyarakat Manado menjadikan masyarakatnya mudah menerima para pendatang termasuk pengaruhnya dalam bidang kuliner. Selain pengaruh budaya Eropa, Tiongkok juga memengaruhi kuliner Manado. Namun demikian, tak sedikit kudapan yang masih mempertahankan cita rasa tradisional khas Manado.

Berikut beberapa di antara makanan kecil atau kudapan yang lazim dijumpai di Manado saat hari raya Natal.

1. Lalampa

Melihatnya sekilas mengingatkan kita pada lemper. Sama halnya lemper, lalampa menggunakan beras ketan yang dibungkus daun. Pembedanya adalah pada isian yang digunakan.

Kalau lemper lazim menggunakan abon atau ayam, maka lalampa menggunakan isi dari bahan cakalang fufu yang banyak dijumpai di Manado. Proses pemanggangan menambah aroma sedap pada lalampa.

2. Klappertaart

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan kue yang satu ini. Klappertaart merupakan kue khas Manado yang mengandung kalori cukup tinggi karena adonan utamanya merupakan perpaduan kelapa parut, tepung terigu, susu, mentega, dan telur.

Klappertaart paling cocok dinikmati dalam kondisi dingin, tetapi tidak boleh juga terlalu lama dibiarkan di lemari pendingin agar rasanya tetap enak ketika dimakan.

Halaman selanjutnya

3. Bagea Kenari

...

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved