Ingin ke Bali, Wisatawan Wajib Tes Swab PCR

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra angkat bicara terkait kebijakan wajib melakukan pemeriksaan Covid-19 dengan metode swab PCR

Editor: muhammad irham
goodnewsfromindonesia.id
Maskapai Garuda Indonesia 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra angkat bicara terkait kebijakan wajib melakukan pemeriksaan Covid-19 dengan metode swab PCR bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Bali.

Menurut Irfan, pihaknya akan menaati aturan yang telah dibuat oleh pemerintah.

“Kita sebagai operator selalu tunduk kepada apa yang ditentukan regulator,” ujar Irfan dalam konferensi pers virtual, Selasa (15/12/2020).

Irfan menambahkan, saat ini pihaknya masih menunggu detil soal aturan tersebut. Dia memastikan pihaknya tak akan mengakali peraturan tersebut. 

“Kami Garuda selalu taat aturan. Kita enggak ingin sama sekali mencederai masyarakat kita. Kami juga enggak akan akal-akalan memanfaatkan aturan yang ada. Kami juga tahu persis, kebijakan ini untuk memastikan penyebaran Covid tidak semakin parah,” kata Irfan.

Irfan menuturkan, selama ini perusahaannya terus konsisten menerapkan protokol Covid-19 dalam tiap penerbangan. Bahkan, para karyawannya kerap bersitegang dengan penumpang yang tak menaati protokol kesehatan.

“Ada beberapa keributan kecil antara awak kabin dan penumpang, tapi kami berprinsip masker itu kewajiban. Saya cukup yakin yang memutuskan naik Garuda tahu persis protokol kesehatan, enggak hanya di pesawat tapi saat kegiatan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, wisatawan yang hendak berkunjung ke Bali wajib melakukan pemeriksaan Covid-19.

Hal itu berlaku bagi wisatawan yang menempuh jalur udara maupun jalur darat. " Wisatawan yang akan naik pesawat ke Bali wajib melakukan tes PCR pada H-2 sebelum penerbangan ke Bali," ujar Luhut dikutip dari siaran pers di laman resmi Kemenkomarves, Selasa (15/12/2020).

Kemudian, wisatawan yang menempuh jalur darat diwajibkan melakukan rapid test antigen pada H-2 sebelum perjalanan darat masuk ke Bali.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved