Melihat dari Dekat Keindahan Gunung Karangetang, Gunung Kerucut di Kepulauan Sitaro

Gunung Api Siau Karangetang ini masih sangat aktif dan bisa jadi masuk kedalam daftar gunung berapi di indonesia yang paling sering meletus.

Editor: muhammad irham
@mr.kla_
Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Gunung Karangetang adalah Jenis gunung Stratovolcano. Gunung Karangetang lebih dikenal sebagai Gunung Api Siau. Gunung Api Siau Karangetang ini masih sangat aktif dan bisa jadi masuk kedalam daftar gunung berapi di indonesia yang paling sering meletus.

Gunung Api Karang etan memiliki ketinggian sekitar 1827 Mdpl. Gunung ini terletak di kawasan bagian Kepulauan Sitaro Sulawesi Utara, Indonesia. Meski tak terlalu tinggi namun bentuknya sangat tajam kerucut keatas.

Bahkan dari tengah gunung sudah tidak ada lagi tanaman yang tumbuh seperti gunung-gunung lainnya sebab karena seringnya erupsi mengakibatkan tanaman di sekitarnya mati terkena lahar atau debu vulkanik.

Gunung Karangetang tercatat pernah meletus sebanyak lebih dari 40 kali sejak 1675 serta banyak letusan kecil yang tidak tercatat. Hal ini terkait dengan jalur Sirkum Pasifik yang melintasi wilayah Siau.

Hal ini ditandai dengan keberadaan sejumlah gunung berapi dikabupaten Siau seperti Gunung Api Karangetang di Pulau Siau dan Gunung Api Ruang di Pulau Tagulandang yang hingga saat ini masih aktif menyemburkan material perut bumi sebagai pupuk alami.

Gunung Karangetang terletak di Kota Siau, Pulau Siau yang masuk kedalam wilayah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro atau disingkat Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro beribu kota di Ondong Siau.

Cara Menuju Siau dan Gunung Karangetan

Buat kalian yang ingin menginjakan kakinya ke kota Siau dan ingin melihat langsung tajamnya Gunung Karangetang ini maka kalian harus ke Kota Manado atau Bitung terlebih dahulu.

Dari sana kalian harus naik kapal cepat atau kapal lambat menuju Kota Siau kabupaten Sitaro selama sekitar 4-6 jam pelayaran.

Gunung Karangetang ini berada tepat di pusat sebelah sisi Kota Siau. Jadi kalau sudah mendarat di Pulau Siau, kalian akan melihat sendiri bentuk dan keindahan Gunung Karangetang.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved