Liburan Akhir Tahun di Masa Pandemi? Ikuti 10 Tips Ini

Liburan di era pandemi seperti sekarang ini memang sulit untuk dilakukan karena banyaknya pembatasan dan juga risiko yang mengancam kesehatan kita

Editor: muhammad irham
int
ilustrasi liburan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Di akhir tahun seperti saat ini, sebagian orang tetap akan melakoni liburan bersama keluarga dan orang tersayang. Meski demikian, beberapa daerah telah menerapkan kebijakan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan virus corona.

Liburan di era pandemi seperti sekarang ini memang sulit untuk dilakukan karena banyaknya pembatasan dan juga risiko yang dapat mengancam kesehatan kita.

Tetapi, sebenarnya kamu tetap bisa lho berlibur dengan nyaman dan aman walaupun di kondisi seperti ini.

Simak 10 tips nya berikut ini!

1. Staycation di Hotel

Bagi kamu yang sudah penat di rumah tapi tidak ingin mengambil risiko dengan pergi berlibur ke tempat umum, staycation di hotel bisa menjadi pilihan.

Tidak perlu memilih hotel yang jauh, kamu bisa memesan kamar dari hotel yang dekat rumahmu atau hotel favorit pilihanmu dan menghabiskan waktu di kamar hotel sambil menikmati fasilitasnya bersama keluarga.

2. Gunakan Mobil Pribadi

Selain aman, mobil pribadi dinilai sebagai moda transportasi paling aman yang bisa kamu pilih jika ingin berlibur dalam masa pandemi.

Walaupun perjalanan akan memakan waktu lebih lama dibanding kamu naik transportasi umum seperti pesawat dan kereta, dengan menaiki mobil pribadi akan lebih aman karena kamu tidak bertemu dengan orang lain sehingga meminimalisir penularan virus.

3. Berlibur di Dalam Kota

Walaupun penerbangan keluar kota sudah dibuka, bukan berarti kamu dapat bepergian dengan bebas. Saat ini melakukan perjalanan keluar kota masih sangat riskan dan tidak dianjurkan.

Untuk itu, kamu bisa kok berlibur di dalam kota. Ini merupakan saat yang tepat untuk kamu menjelajahi kotamu sendiri.

Selain lebih aman, berlibur di dalam kota dapat mempermudah kamu dalam memilih destinasi dan berganti destinasi jika tempat pilihan kamu tutup atau penuh.

4. Pilih Tempat Wisata Alam

Di masa pandemi seperti saat ini, berlibur ke tempat terbuka atau berwisata alam lebih dianjurkan. Sebab, penularan virus corona lebih kecil di lokasi terbuka dibandingkan di lokasi tertutup dengan ventilasi buruk.

Beberapa ide wisata alam yang bisa kamu coba adalah dengan hiking, berkemah, atau mengunjungi hutan dan taman kota.

5. Liburan dengan Keluarga Serumah

Pergi berlibur dengan anggota keluarga serumah merupakan pilihan paling aman dibanding pergi berlibur dengan teman atau orang lain.

Sebab, kita tidak tahu sejarah bepergian teman kita dan juga kondisi kesehatannya. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk berlibur dengan orang serumah saja. 

6. Selalu Perhatikan Protokol Kesehatan

Jika kamu pergi berlibur keluar kota, kamu harus perhatikan protokol dan batasan yang diberlakukan kota tersebut.

Perlu diketahui bahwa beberapa destinasi wisata memberlakukan protokol kesehatan yang berbeda.

Agar rencana liburan tetap berjalan dengan lancar, cari tahu terlebih dahulu protokol kesehatan yang diberlakukan kota tujuan dan destinasi wisata yang kamu tuju, mulai dari jam operasional, pembatasan jumlah pengunjung, perlengkapan yang harus dibawa, dan lain-lain.

7. Persiapkan Semua Dokumen yang Dibutuhkan

Hingga saat ini, jika kamu ingin bepergian ke luar kota menggunakan moda transportasi pesawat, dibutuhkan beberapa dokumen yang harus disiapkan agar kamu bisa menaiki pesawat.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved