Mau ke Kampung Cina Manado? Datanglah di Waktu Pagi

Kampung Cina yang terletak di tengah Kota Manado merupakan salah satu pusat pedagangan tertua yang ada di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara itu

Editor: muhammad irham
Kompas.com
Kampung Cina di Pusat Kota Manado, Sulawesi Utara 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kampung Cina yang terletak di tengah Kota Manado merupakan salah satu pusat pedagangan tertua yang ada di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara itu. Selain sebagai pusat perdagangan Kampung Cina juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata.

Terdapat dua Klenteng Utama di sini. Klenteng Ban Hin Kiong yang dibangun pada tahun 1819 dan Klenteng Kwang Kong. Pada perayaan Imlek dan Cap Goh Meh, Kampung Cina pasti akan dijubeli puluhan ribu warga dan wisatawan yang menonton arak-arak peserta pawai Cap Go Meh dengan berbagai atraksinya.

Acara itu sudah menjadi kalender wisata Manado. Lokasi ini disebut dengan nama Kampung Cina, karena hampir semua pemilik bangunan di tempat ini merupakan etnis turunan Tionghoa.

"Dulu pemerintah Kolonial Belanda membangun perkampungan ini untuk menampung para tukang yang berasal dari etnis Cina," ujar Lape, salah satu warga yang tinggal di Kampung Cina, beberapa waktu lalu.

Seiring dengan perkembangan Manado yang kemudian berubah menjadi kota, Kampung Cina lalu menjelma menjadi pusat perdagangan, yang hingga sekarang tetap eksis walau di berbagai lokasi lainnya di Manado telah tumbuh pusat-pusat bisnis dan perbelanjaan.

Yang unik dari lokasi yang tidak pernah sepi dari aktivitas perdagangan ini adalah bangunan-bangunan tuanya yang terus dipertahankan. Bahkan, beberapa di antaranya sudah sangat tua.

Bangunan-bangunan tersebut pada umumnya merupakan peninggalan jaman Kolonial Belanda. Hampir seluruh bangunan tua tersebut hingga kini masih digunakan sebagai toko oleh pemiliknya.

"Kalau mau datang lihat bangunan-bangunan ini dengan jelas, datanglah pagi-pagi sebelum aktivitas perdagangan dimulai. Sebab menjelang siang, lokasi ini sudah sangat ramai oleh lalu lalang kenderaan," tambah Lape.

Menikmati bangunan-bangunan tua dengan arsitektur asli yang masih dipertahankan itu menjadi sebuah sajian berbeda di Kota Manado.

Lokasi Kampung Cina sangat mudah dijangkau. Pergilah ke kawasan Pasar 45, lalu bertanyalah kepada warga di sana, semuanya pasti kenal Kampung Cina yang juga memiliki satu-satunya toko obat yang menjual obat-obatan ramuan Cina. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved