Liburan

Trik Tetap Hemat Selama Liburan

Walau mungkin kita tak berlibur ke luar kota atau luar negeri karena pandemi, tetapi masa liburan akhir tahun berpotensi membuat pengeluaran melonjak

Editor: muhammad irham
int
Ilustrasi liburan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Walau mungkin kita tak berlibur ke luar kota atau luar negeri gara-gara pandemi, tetapi masa liburan akhir tahun tetap berpotensi membuat pengeluaran melonjak.

Sebenarnya liburan di rumah justru dapat lebih menekan pengeluaran kita. Tetapi setelah berbulan-bulan terjebak di dalam rumah, keinginan untuk berbelanja tetap tinggi. Ditambah lagi dengan berbagai tawaran diskon di mal atau pun platform belanja online.

Lalu, bagaimana caranya supaya kita dapat menghemat pengeluaran selama musim liburan ini?

Psikolog Phil Slade memberikan beberapa trik yang dapat dilakukan untuk memastikan kita tetap menghemat pengeluaran saat liburan, seperti yang dilansir dari Yahoo Finance berikut ini.

1. Pilih uang tunai

Sebuah studi menunjukkan, bahwa penggunaan koin dan uang kertas melibatkan dan merangsang sistem sensorik kita. Sebaliknya ketika menggunakan kartu kredit atau membayar secara online, aktivasi otak jauh lebih sedikit.

"Mengambil sejumlah uang dan hanya menggunakan jumlah uang itu akan memudahkan pelacakan pengeluaran," kata Slade.

"Kenyamanan belanja online sering kali menipu pikiran kita untuk berpikir bahwa kita membelanjakan lebih sedikit daripada yang sebenarnya," ungkap dia.

2. Siapkan Rekening Cadangan

Jika kita benar-benar perlu menggunakan kartu  untuk membayar tagihan, dana liburan, keperluan transfer, maka siapkan rekening cadangan lainnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved