Rapid Test Antigen

Mengenal Rapid Test Antigen yang Sensitivitasnya 94 Persen

Kasus positif corona di Indonesia terus bertambah dari hari ke hari. Bahkan, selama satu bulan terakhir, angka pertambahannya semakin mengkhawatirkan.

Editor: muhammad irham
Antara
Rapid antigen dan swab antigen ramai dibahas di media sosial pada Kamis (17/12/2020) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kasus positif corona di Indonesia terus bertambah dari hari ke hari. Bahkan, selama satu bulan terakhir, angka pertambahannya semakin mengkhawatirkan.

Oleh karena itu, jelang akhir tahun, pemerintah membuat kebijakan baru bagi warga yang ingin bepergian menggunakan moda transportasi udara dan darat yakni harus menjalani rapid test antigen

Rapid test antigen ini berbeda dengan rapid test antibody yang biasa dilakukan. Testnya mirip dengan tes PCR. 

Dokter umum sekaligus kandidat PhD di Medical Science di Kobe Universit, Adam Prabata mengatakan bahwa "swab antigen" dengan "rapid antigen" memiliki kesamaan istilah. 

"Itu artinya sama saja," ujar Adam saat dihubungi Kompas.com, Kamis (17/12/2020) malam. 

Terkait pengujian rapid test antigen sebagai syarat perjalanan dinilainya cukup tepat. Diketahui, sejumlah perusahaan sebelumnya telah menerapkan persyaratan rapid test antibodi kepada masyarakat sebelum melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi darat maupun udara. 

"Keputusan menggunakan swab antigen atau rapid antigen sebagai pengganti rapid test antibodi untuk syarat perjalanan merupakan keputusan yang cukup tepat," lanjut dia. 

Apa itu rapid test antigen

Karena menjadi istilah yang belum dikenal banyak orang, Adam menjelaskan, rapid test antigen merupakan salah satu pengujian virus corona dengan mendeteksi protein virus (antigen). 

Berbeda dengan rapid test antibodi, rapid antigen ini cara pemeriksaannya menggunakan swab nasofaring atau orofaring, mirip seperti PCR. Tujuannya mendapatkan virus pada sampel lendir yang diambil dari dalam hidung ataupun tenggorokan. 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved